Pesantren Perguruan Islam Mathaliul Falah Pati

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Perguruan Islam Mathaliul Falah Pati

Profil

Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) terletak di desa Kajen, kecamatan Margoyoso, kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tepatnya di daerah Kulon Banon, sebelah barat makam KH. Ahmad Mutamakkin. Perguruan ini didirikan oleh KH. Abdussalam pada tahun 1912, dengan tujuan untuk mendidik dan mempersiapkan kader-kader bangsa sebagai insan yang memahami agama secara mendalam (tafaqquh fi al-din) baik secara teori maupun praktek, sehingga bisa berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (sholih) dalam semangat ketuhanan yang luhur dan terpuji sebagaimana dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW (akrom). Tujuan inilah yang sampai sekarang dijadikan sebagai pijakan dan visi utama dari penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM).

Perguruan ini mengalami banyak perkembangan selama kurun waktu 1 abad ini (1912-2012). Pada tahun awal berdirinya (1912) ketika dipimpin oleh KH. Abdussalam, Perguruan ini dikenal dengan nama “Sekolah Arab”. Kemudian pada masa berikutnya ketika dipimpin oleh KH. Mahfudh Salam (1922 – 1944) Perguruan ini diberi nama ‘Mathali’ul Falah’ (tempat munculnya orang-orang yang sukses) dengan kurikulum klasikal dari shifir awal, tsani dan tsalis.

Pada masa kepemimpinan KH. Abdullah Zen Salam dan KH. Muhammadun Abdul Hadi (1945 – 1963) mulai dikembangkan sistem penjenjangan dari kelas 1-6 dan 1-3 Tsanawiyah. Kemudian di era selanjutnya di bawah kepemimpinan KH. Sahal Mahfudh (1967 – 2014) dikembangkan lagi menjadi Aliyah dan Diniyah Ula dan Wustho. Pendirian Diniyah ini dimaksudkan untuk menampung lulusan SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) dengan materi agama khusus. Tahun 2014 – 2017 , Perguruan ini dipimpin oleh KH. Ahmad Nafi’ Abdillah. Dan saat ini yang menjabat sebagai direktur adalah K.H Muhammad Abbad Nafi’.

Sejarah
Perguruan Islam Mathali'ul Falah
 (PIM) atau yang biasa disebut Mathole', terletak di desa Kajen, kecamatan Margoyoso, kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tepatnya di sebelah barat makam KH. Ahmad Mutamakkin.

Madrasah ini didirikan oleh KH. Abdussalam pada tahun 1912, dengan tujuan untuk mendidik dan mempersiapkan kader-kader bangsa sebagai insan yang memahami agama secara mendalam (tafaqquh fi al-din) baik secara teori maupun praktek, sehingga bisa berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (sholih) dalam semangat ketuhanan yang luhur dan terpuji (akrom).

Pendiri
KH. Abdussalam

Pengasuh

  1. KH. Abdussalam (1912-2012)
  2. KH. Mahfudh Salam (1922 – 1944)
  3. KH. Abdullah Zen Salam dan KH. Muhammadun Abdul Hadi (1945 – 1963)
  4. KH. Sahal Mahfudh (1967 – 2014) 
  5. KH. Ahmad Nafi’ Abdillah
  6. K.H Muhammad Abbad Nafi'

Pendidikan

Pendidikan Formal
1. MTs
2. MA 
3. IPMAFA

Pendidikan Non Formal
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidzil Qur'an
3. Tahassus Pendalaman  Kitab Kuning

Ekstrakurikuler

1. Tahsin dan Tahfidz
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Pramuka
8. Beladiri
9. English Club
10. Komputer
11. Futsal
12. Volly
13. Basket
14. Tenis meja

Bahtsul Masa'il di pesantren Perguruan Islam Mathali’ul Falah


Drum band di pesantren Perguruan Islam Mathali’ul Falah

Fasilitas

1. Gedung
Seiring dengan terus bertambahnya jumlah siswa, PIM terus membangun gedung yang representatif untuk mendukung efektifitas dan efisiensi kegiatan belajar. Saat ini PIM memiliki enam bangunan di atas areal 3150 meter, meliputi:

  1.  50 ruang kelas dengan daya tampung masing-masing kelas sebanyak 40 siswa
  2.  2 ruang kantor guru
  3.  1 ruang direktur
  4.  1 ruang rapat pembantu direktur
  5.  1 ruang kantor tata usaha
  6.  1 ruang tamu
  7.  1 ruang perpustakaan
  8.  1 kantor panitia ujian
  9.  1 kantor P3H
  10.  1 auditorium
  11.  1 kantor HSM
  12.  1 Kantor Hismawati
  13.  1 kantor QNS banin
  14.  1 kantor QNS banat
  15.  1 ruang UKS
  16.  1 mushalla
  17.  12 kamar mandi
  18.  1 ruang laboratorium komputer
  19.  1 ruang multi media class
  20.  2 gudang.

2. Perpustakaan
Perpustakaan adalah jantung madrasah. Saat ini perpustakaan PIM memiliki koleksi buku sebanyak 3702 judul. Koleksi tersebut meliputi buku-buku berbahasa arab, inggris, maupun indonesia, dengan disiplin ilmu yang beraneka ragam; mulai bahasa, sastra, tafsir, hadits, fiqh, ushul fiqh, serta ilmu-ilmu keislaman yang lain. Ada juga koleksi ilmu-ilmu sosial, filsafat, psikologi, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya.

3. Laboratorium
Untuk menunjang peningkatkan kemampuan dan skill siswa-siswinya, PIM memiliki laboratorium bahasa yang di dalamnya terdapat 20 unit tempat praktikum, I buah televisi dan perangkatnya. Melalui laboratorium ini para siswa melakukan eksperimen dan praktek sehingga kemampuan dan skill mereka di bidang bahasa bisa terus meningkat.

4. Multi Media Class
Di samping laboratorium bahasa, untuk meningkatkan kemampuan siswa-siswinya serta menunjang praktek pengajaran, PIM juga memiliki ruang multi media. Di ruang ini terdapat seperangkat komputer yang dilengkapi dengan LCD, scanner, OHP, Proyektor, VCD & DVD player, Televisi, Loud Speaker, Air Condition dan didukung dengan daya tampung 40 kursi siswa ditambah 1 kursi tutor.

5. Auditorium
Selain kegiatan pengajaran, untuk megembangkan kemampuan sosial dan bakat seni, para siswa mengadakan kegiatan-kegiatan keorganisasian dan kesenian. Auditorium ini adalah ruang serbaguna sebagai sarana yang bisa digunakan oleh para siswa untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan mereka.


Gedung pesantren di pesantren Perguruan Islam Mathali’ul Falah


Gedung Ma'had di pesantren Perguruan Islam Mathali’ul Falah

Alamat

Jl. KH. Ahmad Mutamakkin, Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah
Kode Pos:  59154
Telepon:  (0295) 452058 Gedung Banin dan (0295) 4590486 Gedung Banat
Email : pim@pim.sch.id

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : Pesantren Perguruan Islam Mathaliul Falah 

 

KUNJUNGI JUGA

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.