Pesantren Darullughah Wadda'wah

 
Pesantren Darullughah Wadda'wah

Profil

Pesantren Darullughah Wadda’wah dirintis pada tahun 1981 oleh Habib Hasan bin Ahmad Baharun. Dalam perintisan, Beliau dibantu al-Habib Ahmad bin Husein As-Segaf. Kedua habib tersebut merintis pesantren di sebuah rumah kontrakkan di Bangil, kabupaten Pasuruan. Saat itu hanya terdapat 30 santri. Kesemuanya laki-laki. Baru pada tahun 1982, pesantren tersebut menerima santri putrid sebanyak 16 orang.

Di masa-masa awal, pesantren ini masih menggunakan fasilitas rumah kontrakan sebagai tempat pembinaan santri. Keadaan ini mengakibatkan lokasi pesantren berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Hingga tahun 1964, pesantren ini telah berpindah sebanyak 11 kali. Karena itu, Para Pengasuhnya, pada 1985 memutuskan untuk mencari lokasi baru yang lebih permanent untuk membangun pondok pesantren.

Tepatnya di Desa Raci, Bangil, Pesantren ini menempati areal tanah 2 Ha. Di sebuah desa terpencil , pesantren Darul Lughah menempati lokasi barunya. Di desa itulah Pesantren Darullughah Wadda’wah berkembang. Hingga kini, pesantren memiliki lahan kurang lebih 4 Ha. Lahan seluas itu hamper penuh terisi saran dan prasarana pendidikan serta asrama.

Pada tahun 2007, tidak kurang Pesantren Darullughah Wadda’wah telah memiliki santri berjumlah 1.196 orang, terdiri dari 868 orang santri putra dan 328 santri putrid. Santri yang belajar di pesantren ini tidak saja berasal dari dalam negri, tetapi ada juga yang berasal dari luar negri, seperti Malaysia, Brunai Darussalam, Singapura, Australia, dan Saudi Arabia.

Ada tiga keunggulan utama yang dimiliki Pesantren Darullughah Wadda’wah dalam pengembangan pendidikannya. Pertama, penguasaan dan pengajaran bahasa Arab secara intensif. Kedua, memiliki jaringan dengan lembaga-lembaga pendidikan luar negri yang ada di Timur Tengah. Ketiga melaksanakan program terpadu antara kurikulum pesantren dan kurikulum pendidikan nasional.

Untuk menunjang kegiatan pondok pesantren, Darullughah Wadda’wah memiliki unit usaha antara lain ; koperasi pondok pesantren, satu warung telekomunikasi (wartel), dua telephon umum tunggu (TUT), percetakan, rental mobil, poliklinik dan agen tunggal minyak pelumas “sharlu” dari Dubai Uni Emirat Arab ( UEA) untuk wilayah Pasuruan.

Pengasuh

  1. Habib Hasan bin Ahmad Baharun
  2. Habib Ahmad bin Husein As-Segaf

 

Pendidikan

Secara kelembagaan di Pesantren Darullughah Wadda’wah terdapat dua lembaga pendidikan. Pertama, lembaga pendidikan diniyah. Lembaga ini merupakan pilar utama pendidikan di Pesantren Darullughah Wadda’wah..

Kedua, pendidikan Mu’adalah. Lembaga ini mengadopsi system pendidikan Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen agama. Pendidikan ini memiliki empat jenjang , pendidikan yaitu, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah TInggi Ilmu Agama Islam (STAI)

Pendidikan Formal
  1. Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  2. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  3. Madrasah Aliyah (MA)
  4. INI Dalwa


Pendidikan Non Formal
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidzil Qur'an
3. Tahassus Pendalaman Kitab Kuning


Ekstrakurikuler

1. Tahsin dan Tahfidz
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Pramuka
8. Beladiri
9. English
10. Komputer
11. Futsal
12. Volly
13. Basket
14. Tenis meja

Fasilitas

1. Gedung Sekolah
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Aula
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. koperasi Sekolah

 



Alamat

Raci - Bangil - Pasuruan

Kode Pos: 50553

Telepon:(024) 7692-9003

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : //www.pp-dalwa.org/

 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id