KKL Kelompok 30 IAIN Pontianak Siap Lakukan Riset di Kampung Nanas

KKL Kelompok 30 IAIN Pontianak Siap Lakukan Riset di Kampung Nanas

LADUNI.ID, KUBU RAYA - Senin,22/7  penyerahan mahasiswa KKL kelompok 30 IAIN Pontianak tahun 2019 di Desa Sungai Malaya, Kecamatan Sungai Ambawang Kubu Raya yang terkenal dengan sebutan "Kampung Nanas".

Letak geografis Desa Sungai Malaya berdekatan dengan Kota Pontianak dan Kabupaten Mempawah. Desa ini menjadi batas kabupaten dan kota tersebut. Jarak tempuh kurang lebih 2 KM dari kota batas Kota Pontianak.

Jumlah penduduk yang kurang lebih 3000 jiwa itu memiliki 3 tempat yang mengelola pendidikan mulai dari PAUD, MI, MTs, MA. Tidak hanya sekolah formal, desa ini juga memiliki 4 buah Pondok Pesantren. Sebutan Desa santri, begitulah kira-kira nama desa ini, karena mayoritas banyak alumni lulusan pondok pesantren.

Jika ditinjau dari sisi ekonominya, masayarat desa Sungai Malaya mampu bertahan hidup dengan Pertanian Nanas. Nanas sebagai komoditas unggulan dan menjadi mata pencaharian warga secara turun temurun hingga sekarang. Bahkan, Desa ini merupakan pensuplai Nanas terbesar bagi kota pontianak (tepatnya pasar plamboyan).

kelompok 30 KKL IAIN Pontianak pada tahun 2019 berjumlah 14 orang. terdiri dari berbagai program studi dan berbagai disiplin ilmu. Mereka akan melakukan riset terkait desa yang akan ditinjau dari berbagai macam aspek. Dan hasil riset akan dicetak menjadi buku sehingga mendukung literasi Kalbar tentang potensi daerahnya.

Hadir pada acara penyerahan mahasiswa, kepada warga diantaranya, Rasiam.MM (dosen pembimbing), Saniwar, S.Pd.I (Ketua RT), Ust.Baihaqi, MA, Ust. Masidin, S.Pd.I, Abdul Hakim, M.H.I,  Nuruddin, S.Pd, dan tuan Rumah Ustadz Suryanto. (Andi)