Pesantren Al-Qodiri Jember

Pesantren Al-Qodiri Jember

Profil

Pondok pesantren Al-Qodiri Jember yang saat ini  beralamat  di Jl. Manggar 139 A, kelurahan Gebang Poreng Kecamatan Patrang Kabupaten Jember,  didirikan  pada hari  Kamis (malam Jum’at) tanggal 06 Juni 1987  oleh  KH Achmad Muzakki Syah yang sekaligus bertindak sebagai pengasuh. 
Lokasi Pesantren Al-Qodiri yang terletak kurang lebih  2 km sebelah utara alun-alun kota Jember, secara geografis berada pada jalur strategis, sebab lokasi tersebut sangat mudah dijangkau dari  segi transportasi, juga berada pada wilayah yang asri sehingga sangat kondusif dan cocok untuk perkembangan lembaga pendidikan.
 
Secara makro, sebagai daerah yang diapit oleh empat kabupaten lain, posisi pesantren Al-Qodiri Jember menjadi Central, sebab ia merupakan lalu lintas pendidikan kota-kota lainnya seperti Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi dan bahkan Bali, empat jalur komunikasi dan sektor pembangunan di empat kabupaten lainnya harus diakses dari Jember, dengan demikian untuk ukuran daerah  tapal kuda, Jember merupakan barometer, pesatnya perkembangan pendidikan di kabupaten Jember secara empirik juga melampaui kota-kota lainnya.
 
Tentang pemberian nama Al-Qodiri pada pesantren ini disebutkan oleh DR. Hefni Zain (Dosen Pascasarjana IAIN Jember) dalam MUTIARA DI TENGAH SAMUDRA (LKIS) : Pemikiran, perjuangan dan biografi  KH Muzakki Syah,  (2007 : 38-51)  adalah  didasarkan pada dua hal, pertama disandarkan pada asma Allah “Al- Qaadir” yang berarti zat yang maha kuasadiatas segalanya. Penyandaran kepada asma Allah tersebut dimaksudkan agar kuasa Allah terpusat di lembaga ini sehingga seluruh tamu yang datang, para santri, jamaah, atau siapapun yang datang ke Al-Qodiri dikabulkan semua hajatnya, sebab Allah maha kuasa atas segala sesuatu termasuk mengabulkan hajat-hajat mereka.
 
Kedua, nama Al-Qodiri disandarkan pada nama besar Syaikh Abdul Qodir Jailani, sebab kyai Muzakki sejak kelas 2 SD sudah mengamalkan Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Jailani, penyandaran kepada nama syaikh Abdul Qodir Jailani,  dimaksudkan agar lembaga ini kelak mendapat siraman karomah sebesar karomahnya Syaikh Abdul Qodir Jailani.
 
Merupakan sunnatullah bahwa segala sesuatu berangkat dari yang kecil dan kemudian berkembang menjadi besar, demikian juga dengan Pondok Pesantren Al-Qodiri yang diawal pendiriannya, santri yang mondok hanya berjumlah 9 orang,  saat ini sudah mencapai kurang lebih 3000 santri . Demikian juga dangan fasilitas dan lembaga pendidikannya.  Awalnya kamar-kamar santri hanya terdiri dari gubuk-gubuk bambu yang berdiri diatas tanah kurang dari ½ hektar, kini sudah direlokasi dan direhab menjadi bangunan permanen yang berdiri megah diatas tanah seluas kurang lebih 29 hektar.
 
Lembaga pendidikan yang ada pada saat itu hanyalah Madrasah Ibtidaiyah, tetapi sesuai dengan perkembangannya yang semakin mantap, saat ini yayasan Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember  mengelola beberapa lembaga pendidikan antara lain :  (1) Pondok Anak-anak (TK dan SD), (2) Tahfidul Qur’an,  (3) Taman kanan kanak ( TK),  (4)  SD plus, (5) Madrasah Diniyah, (6) Madrasah Ibtidaiyah (7) Madrasah Tsanawiyah  (8) Madrasah Aliyah,  (9) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK AL-Qodiri) (10) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI AL-QODIRI), dan ( 10) Sekolah Tinggi Kesehatan Bhakti Al-Qodiri (STIKES).
 
Pesatnya perkembangan pesantren Al-Qodiri Jember selain ditentukan oleh faktor utamanya, yakni ketokohan dan kemanfaatan kyai Muzakki bagi umat, juga tidak terlepas dari  perkembangan jamaah dzikir manaqib yang terus menjamur di berbagai kawasan di tanah air, mereka kemudian memondokkan putra-putrinya di pesantren Al-Qodiri  Jember .
 
Bahkan saat ini  menurut data base yang ada di Al-Qodiri pusat (disebut juga Al-Qodiri I Jember)  lembaga pendidikan yang beraviliasi pada Al-Qodiri Jember berjumlah sekitar 42 unit dan tersebar di berbagai daerah, diantara mereka ada yang langsung mengunakan nama Al-Qodiri II, III sampai dengan XX, juga ada yang menggunakan nama Barakatul Qodiri, Nurul Qodiri, Nahdlotul  Qodiri, Karomatul Qodiri, Hikmatul Qodiri, Misbahul Qodiri, Miftahul Qodiri, Habibul Qodiri, dan semacamnya.
 



Pengasuh

  1. KH Achmad Muzakki Syah
  2. KH. Taufiqurrahman Muzakki

 

Pendidikan

Pondok Pesantren Al-Qodiri dalam pengembangan pendidikannya membuka beberapa unit pendidikan sebagai berikut:      

(1) Pondok Anak-anak (TK dan SD)
(2) Tahfidul Qur’an
(3) Taman kanan kanak ( TK)
(4) SD plus
(5) Madrasah Diniyah
(6) Madrasah Ibtidaiyah
(7) Madrasah Tsanawiyah
(8) Madrasah Aliyah
(9) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK AL-Qodiri)
(10) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI AL-QODIRI)
(11) Sekolah Tinggi Kesehatan Bhakti Al-Qodiri (STIKES).

 

Ekstrakurikuler

1. Tahsin dan Tahfidz
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Pramuka
8. Beladiri
9. English Club
10. Komputer
11. Futsal
12. Volly
13. Basket
14. Tenis meja
15. PMR
16. Paskibra
17. Jurnalistik
18. Marching Band
 

 

 

Fasilitas

1. Gedung Sekolah
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Aula
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. koperasi Sekolah



 

Alamat

Jl. Manggar 139 A, kelurahan Gebang Poreng Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

Telepon : 0813-3132-5379

Kode Pos: 68117

 

 

 

 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni Pesantren Al-Qodiri Jember