Pesantren Al – Uswah Semarang

Pesantren Al – Uswah Semarang

Profil

Yayasan pondok pesantren Al-Uswah didirikan oleh KH. M. Mukhlisin (Alm) dan sekarang diasuh oleh KH. Muhammad Thoyyib Farchany Al-Hafidz, yang merupakan putra tertua almarhum. Pondok pesantren Al-Uswah berlokasi di desa Pakintelan kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Yakni di sebuah pegunungan sejuk yang merupakan perbatasan antara Kota Semarang dengan Kabupaten Semarang.

Berdirinya yayasan pondok pesantren Al-Uswah merupakan sebuah jawaban dari tuntutan era globalisasi pada saat itu, yang bertujuan untuk membentengi masyarakat terutama para pemuda-pemudi dari akibat negatif era globalisasi tersebut. Yayasan pondok pesantren Al-Uswah terbuka untuk semua kalangan, baik dari kalangan bangsawan, priyai maupun kaum abangan (Dokumen pondok pesantren Al-UswahTahun 2013).

Yayasan pondok pesantren Al-Uswah pada awal berdiri hanya mempunyai satu Majlis Ta’lim yang diperuntukan bagi umum dengan waktu pengajian pada setiap hari ahad, hingga pada tahun 2000 pembangunan di yayasan pondok pesantren Al-Uswah telah selesai KH. M. Mukhlisin (Alm) bermaksud ingin mengembangkan dakwahnya yang lebih dikhususkan untuk kalangan pemuda dan pemudi sehingga beliau membuka sekolah Formal dari mulai jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diresmikan pada tanggal 13 April 2000.

Bukan hanya sekolahan saja yang disediakan oleh KH. M. Mukhlisin (Alm) akan tetapi beliau juga menyediakan asrama pondok pesantren sebagai tempat tinggal para siswa dan siswi yang sekolah di Yayasan Pondok Pesantren Al-Uswah, kemudian asrama pondok pesantren tersebut dimanfaatkan oleh KH. M. Mukhlisin (Alm) untuk memberikan pelajaran/pengajian pada siswa dan siswinya saat malam hari.

Seiring dengan kemajuan zaman, Yayasan Pondok Pesantren Al-Uswah kemudian berkembang dengan membagi kategori bagi siswa/santri yang akan menuntut ilmu di yayasan pondok pesantren Al-Uswah, kategori tersebut adalah pertama kategori siswa/santriyang hanya sekolah saja, kedua kategori siswa/santri yang sekolah sekaligus mondok di pesantren Al-Uswah dan yang ketiga kategori siswa/santri yang hanya mondok tanpa sekolah.

 

Pengasuh

  1. KH. M. Mukhlisin
  2. KH. Muhammad Thoyyib Farchany Al-Hafidz

Pendidikan

 
Pendidikan Formal
1. SMP
2. SMA 


Pendidikan Non Formal
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidzil Qur'an
3. Tahassus Pendalaman  Kitab Kuning

 

Fasilitas

  1. Asrama putra dan putri.
  2.  Masjid.
  3.  Kantin pondok.
  4. Gedung sekolah.
  5. Ruang kelas.
  6. Lab. TIK.
  7. Gedung pertemuan.
  8. Laboratorium IPA.
  9. Perpustakaan.
  10.  Akses Internet.
  11. Lapangan olahraga yang dilengkapi dengan peralatan yang memadai

  12.  

 

Ekstrakurikuler

1. Tahsin dan Tahfidz
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Pramuka
8. Beladiri
9. English Club
10. Komputer
11. Futsal
12. Volly
13. Basket
14. Tenis meja
15. PMR
16. Paskibra
 


 


 

Alamat

Jalan Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Pakintelan, Gunungpati, Kota Semarang –


Kode Pos:  50227

Telepon: (024) 76921594
             – 085 103 224 300
             – 085 107 244 300

 
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi  : https://aluswahsemarang.wordpress.com

 

 

 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni Pesantren Al – Uswah Semarang