Urutan Bacaan Doa Menjelang Penyembelihan Hewan Qurban

 
Urutan Bacaan Doa Menjelang Penyembelihan Hewan Qurban
Sumber Gambar: Pexels, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Ibadah qurban adalah merupakan ibadah yang sangat disenangi oleh Allah SWT. Sebagaimana diketahui bahwa pengertian ibadah qurban adalah dengan menyembelih hewan qurban. Tetapi perlu dicatat dengan baik, bahwa menyembelih dalam kesempatan ini bukanlan menyembelih biasa, melainkan ada tuntunan yang harus diperhatikan agar diterima sebagai ibadah qurban di sisi Allah SWT. 

Salah satu hal penting yang tidak boleh dinafikan adalah doa menyembelih hewan qurban. Dalam banyak literatur agama tuntunan ini bisa ditemukan. Tetapi sebelum hewan disembelih orang yang melaksanakan ibadah qurban juga harus tidak boleh lupa berniat qurban.

Terdapat urutan doa yang dianjurkan dibaca ketika akan menyembelih hewan qurban. Sebagaimana diterangkan oleh Syaikh Nawawi Banten dalam Kitab Tausyih ala Ibni Qasim.

Adapun urutan secara umum bacaan doa yang perlu dibaca menjelang penyembelihan hewan qurban adalah sebagaimana berikut ini:

1. Membaca Bismillah

بِسْمِ اللهِ

Artinya: "Dengan nama Allah"

Membaca bimillah dalam kesempatan menyembelih hewan qurban ini cukup sampai di lafadh tersebut saja, tidak perlu untuk dibaca lengkap.

2. Membaca sholawat kepada Rasulullah SAW

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Artinya: "Ya Allah, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya."

3. Membaca takbir dan tahmid

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu."

4. Membaca Doa Penyembelihan Hewan Qurban

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Artinya: "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah qurbanku."

Kalau yang menyembelih bukan orang yang berqurban maka doa ini dibaca oleh orang yang menyembelihnya (tukang jagal) tersebut dengan lafadh berikut ini:

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنْ...(menyebut nama orang yang berqurban) يَا كَرِيْمُ

Artinya: "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah qurban... (menyebut nama orang yang berqurban)."

Urutan ini bukanlah sesuatu yang diwajibkan tetapi sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah, tetapi terdapat banyak riwayat yang berbeda-beda. Sehingga boleh saja, dan tetap sah jika takbir dan tahmid dibaca sebelum bismillah.

Semoga bermanfaat. Wallahu 'Alam bis Showab. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 19 Juli 2021. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim