Tips Membuat Password Paling Aman, Ampuh!

 
Tips Membuat Password Paling Aman, Ampuh!

LADUNI.ID, Jakarta - Pakar Skuriti di IBM Scurity, Etay Maor memberikan tips membuat password demi memberikan keamanan yang baik. Dia mengungkapkan bahwa kata kunci password yang dipilih dari kombinasi huruf, angka dan karakter yang rumit sekalipun masih mudah untuk ditembus.

Jika password yang dibuat malah asal-asalan, lanjut Maor, dan tidak dibarengi dengan pengetahuan mengenai pembuatan password, maka bukan hal mustahil password tersebut akan mudah diretas.

"Bahkan kalau panjangnya antara 8-10 karakter dan sangat kompleks, komputer pun masih bsia menebaknya dengan cepat," tutur Maor,

Maor yang juga pernah mempelajari taktik kriminal siber di dark web ini menyarankan bahwa dalam pembuatan password tidak harus menggunakan kata yang sangat rumit dengan kombinasi dan semacamnya. Ia lebih menyarankan supaya membuat password dalam bentuk “passphrase”.

Axecutive Scurity Advisor di IBM Security ini menjelaskan ikhwal password passphrase atau frasa sandi. Pasword ini adalah menggabungkan beberapa kata sekaligus ke dalam satu baris atau satu kalimat. Misalnya seperti, “saya ingin sekali berlibur ke maladewa”.

Maor mengatakan bahwa passphrase itu lebih sulit dipecahkan oleh computer lewat teknik brute fors sekalipun. Brute force adalah alat untuk mencoba melakukan pemecahan password hingga berjuta password dalam sedetik, sehingga akan mudah ditemukan.

Dia juga melanjutkan bahwa supaya password bisa lebih aman, maka pakailah kata-kata yang unik, yakni password yang bukan yang berasal dari sebuah kutipan atau lirik lagu populer. Spasi di antara kata juga mempengaruhi tingkat kerumitan pemecahan password.

Dia juga menambahkan bahwa kalaupun passphrase akhirnya bisa jebol, lanjut dia, waktu yang diperlukan bakal sangat lama sehingga tidak realistis.

Maor bahkan juga menyarankan untuk memudahkan pengamanan password, agar memakai aplikasi password manager yang bisa melakukan auto-fill di akun-akun online sekaligus dibekali algoritma untuk menciptakan saran keamanan password.

Dia menambahkan untuk meningkatkan keamanan adalah menghindari penggunaan password yang sama untuk akun yang berbeda. Tujuannya tentu supaya tak semua akun online bisa diakses apabila satu password sudah berhasil ditebak hacker. (Diolah dari laman Kompas)