Konsultasi Psikologi: Anakku tidak Mau Menggosok Gigi

Konsultasi Psikologi: Anakku tidak Mau Menggosok Gigi

Menyikat gigi adalah hal baik. Tapi kami tidak tahu, kenapa anak kami susah sekali menggosok giginya. Ada saja alasan agar dia tidak menggosok gigi. Apa yang harus dilakukan biar seusia anak TK ini mau menggosok giginya?

Jawaban:

Kebersihan mulut memang penting sehingga sangat baik jika dibiasakan sejak kecil. Namun memang banyak yang mengalami bahwa anak-anaknya susah diajari untuk menggosok gigi. Hal-hal di bawah ini mungkin bisa dicoba agar anak-anak gemar membersihkan giginya.

Menjadi contoh. Anak sangat mudah belajar dengan melihat contoh dari orang lain. Penting sekali orang tua memberikan contoh tentang kebiasaan menggosok gigi ini.

Biarkan anak memilih. Ajak anak ke toko untuk memilih sendiri bentuk sikat dan pasta giginya. Banyak sekali pilihan yang disediakan produsen sikat dan pasta gigi. Dengan memilih sendiri, maka anak memiliki ikatan emosional dengan sikat dan pasta giginya, sehingga diharapkan anak akan senang dengan pilihannya.

Tunjukkan caranya. Selanjutnya orang tua perlu menunjukkan cara menyikat gigi. Mulai dari cara membuka tutup pasta gigi, mengeluarkan dan menaruhnya di sikat. Sampai cara menyikat gigi yang benar dan cara membersihkan sikat serta mengembalikan ke tempatnya.

Lakukan dengan gembira. Ciptakan suasana yang menyenangkan saat menyikat gigi. Sambil bercanda sedikit juga dibolehkan. Tujuannya agar anak “betah” ketika menyikat giginya sehingga anak akan merasa senang.

Mungkin itu sedikit yang bisa kami bagikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Terima kasih banyak atas partisipasinya.

 

Salam Hormat
Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi
(innozzi@yahoo.com)