Pesantren Nurul Khoir Rungkut (YANUR), Surabaya

Pesantren Nurul Khoir Rungkut (YANUR), Surabaya

Profil

Pondok Pesantren Nurul Khoir merupakan Lembaga Pendidikan Islam sekaligus lembaga pemberdayaan masyarakat yang berada di Surabaya Jawa Timur, dengan alamat Wonorejo Rungkut Gg. Masjid No. 2 RT.1 RW 1 Surabaya. yang didirikan oleh KH. A. Mu’thy Nurhadi, SH. Pada tahun 1993 yang sekaligus Pengasuh Ponpes ini hingga sekarang.
 
Berdirinya Pesantren Nurul Khoir adalah bukan sebuah kesengajaan untuk mendirikan sebuah pesantren, tetapi diawali dengan banyaknya santri yang mengaji di Rumah KH. Mu’thy Nurhadi mulai pagi dan sore hari, kemudian pada tahun 1990 an ada 2 (dua ) santri dari luar kota yang berkeinginan untuk menetap di tempat KH. Mu’thy Nurhadi untuk mengaji agar dapat lebih berkonsentrasi dan merasa lebih dekat dengan gurunya, sehingga kemudian KH. Mu’thy Nurhadi mempersilahkan mereka untuk menempati gudang yang ada di loteng rumah yang saat itu tempatnya berantakan sekali, tetapi dengan tekat santri tersebut sehingga tempat tersebut menjadi bersih dan digunakan untuk mengaji setiap hari.(saat ini menjadi salah satu kamar pondok putri).
 
Dari sinilah kemudian banyak yang ingin tinggal di tempat KH. Mu’thy Nurhadi untuk mengaji, sehingga KH. Mu’thy Nurhadi merasa dirinya disuruh oleh Allah SWT untuk membuka sebuah pondok pesantren, dan tepatnya pada tahun 1993 secara resmi KH. Mu’thy Nurhadi membuka pesantren dengan membuatkan plang papan nama dan memberikan nama dengan nama Nurul Khoir, nama ini adalah diambilkan dari dua nama orang tua KH. Mu’thy Nurhadi dan Ibu Nyai Hj. Ainus Syifa’, yakni Nurul Khoir dari Nur = Nurhadi (Bapak dari KH. Mu’thy Nurhadi) dan Khoir = Khoiron (Ayah dari Ibu Nyai Hj. Ainus Syifa’).
 
Pendidikan yang ada di pesantren ini awalnya hanya ngaji-ngaji biasa seperti majlis-majlis ta’lim pada umumnya, tetapi karena semakin banyaknya santri yang tinggal sehingga kemudian dibentuklah Madrasah Diniyah, yang saat ini tercatat di Kementrian agama menjadi Madrasah Diniyah Modern Nurul Khoir.
 
Dan seiring dengan waktu disaat santri banyak yang berusia di jenjang SLTP maka kemudian dibukalah SMPI Al Khoiriyyah pada tahun 1999, tetapi upaya mendirikan SMPI Al Khoiriyyah ini ternyata kurang berhasil sehingga tidak bisa berjalan dengan baik sehingga dibubarkan, dan muridnya dimutasikan ke MTsN IV rungkut, dan pada tahun 2002 disaat SDM di Pesantren mulai memenuhi syarat, maka mencoba kembali untuk mendirikan sekolah menengah pertama dengan nama MTs. Nurul Khoir, dan dengan kuasa Allah ternyata ada kecocokan, sehingga mampu berjalan dan semakin hari semakin meningkat sampai sekarang. Dan hanya selang 2 tahun sudah mampu membangun gedung sendiri 2 lantai.
 
Dan seiring dengan itu pula maka pengasuh berharap bahwa lulusan MTs. Nurul Khoir tidak perlu melanjutkan terlalu jauh dari pesantren, demi untuk menjaga eksistensi kesantriannya, maka pada tahun 2007 mendirikan MA. Nurul Khoir, disamping memang ini didirikan karena minat santri yang ingin melanjutkan pendidikannya di pesantren ini.
 
Pendidikan formal yang dimiliki oleh Ponpes Nurul Khoir saat ini adalah TK/RA Al Kaaf, MTs. Nurul Khoir dan MA. Nurul Khoir. Untuk program kesetaraannya sudah ada Kejar Paket A, B dan C. Dan pendidikan-pendidikan dimaksud ini berjalan dengan banyak sekali rintangan dan tantangan, tetapi semua itu dihadapi oleh pengasuh dan pengurus dengan optimisme sehingga semakin hari semakin dipercaya oleh masyarakat. Bahkan dalam rencana jangka menengah ini, Pengasuh Ponpes Nurul Khoir akan berencana mendirikan Perguruan Tinggi Strata satu dengan nama STAI Nurul Khoir. Karena dilihat mencukupinya SDM yang bisa membantu terlaksananya pendidikan di Pesantren ini.
 
Disamping kegiatan pendidikan Ponpes Nurul Khoir juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihan keterampilan kepada para santri guna memupuk bakat dan membekali dengan skill tertentu, bila nanti sudah terjun di masyarakat. Mereka dapat mengaplikasikan ilmunya dengan membuka lapangan pekerjaan. Atau bermitra dengan orang lain.
  

       Pengasuh

  1. KH. Mu’thy Nurhadi
  2. KH. Abdul Qoyyum, MPDi

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. TK/RA Al Kaaf
  2. MTs Nurul Khoir
  3. MA Nurul Khoir
  4. STAI Nurul Khoir

Pendidikan Non Formal:

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Muhadlarah (Latihan   Pidato/Dakwah)
  2. Tahfidzul Qur’an
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Kajian Kitab kuning
  7. Life Skill
  8. Marchingband
  9.  Komputer
  10. Pramuka
  11. Seni Hadroh
  12. Kursus B. Arab dan B. Inggris


 


 

 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula



 

Alamat

Wonorejo Rungkut Gg. Masjid No. 2 RT.1 RW 1 Surabaya.

Kode Pos :63473

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Nurul Khoir Rungkut (YANUR), Surabaya