Anak Suka Menunda Pekerjaan, Orang Tua Harus Bagaimana?

Anak Suka Menunda Pekerjaan, Orang Tua Harus Bagaimana?

Bagaimana cara mengatasi kebiasaan anak yang suka menunda pekerjaan atau perintah? Jika disuruh, tidak langsung dikerjakan. Jika ada PR tidak langsung diselesaikan. Hal ini jadi membuat orang tua kesal.

Jawaban:

Bapak/Ibu yang kami hormati…memang terkadang kita sebagai orang tua merasa kesal jika perintah kita tidak langsung dikerjakan, atau diabaikan. Pun demikian jika melihat anak kita seringkali mengerjakan PR atau tugas sekolahnya mepet deadline. Untuk mengatasinya ada baiknya kita coba beberapa strategi berikut ini:

Pertama, temukan penyebabnya. Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab perilaku menundanya antara lain meniru kebiasaan orang lain, malas, memiliki karakter lamban, mengalami kesulitan belajar atau yang lainnya.

Kedua, memberi contoh pengelolaan waktu. Jika memang masalahnya adalah anak meniru orang tuanya dalam hal sering menunda waktu, maka langkah selanjutnya adalah orang tua mesti merubah kebiasaannya dan memberi contoh cara mengelola waktu.

Ketiga, mengajari anak membagi tugas dan menetapkan batas waktu. Misalnya kita bisa menandai kalender kita dengan berbagai tugas, atau menuliskan di papan tulis tentang rencana pekerjaan dan waktu yang ditentukan.

Keempat, melatih anak bertanggung jawab. Selangkah demi selangkah, anak kita ajarkan untuk bertanggung jawab dengan tugasnya.

Langkah ke-1 : dampingi anak saat akan memulai pekerjaan dan berikan bimbingan seperlunya.

Langkah ke-2 : setelah anak mulai mengerjakan, mundurlah secara perlahan.

Langkah ke-3 : hentikan bantuan saat anak sudah bisa mengerjakan dan biarkan dia menyelesaikannya sendiri.

Demikian beberapa tips singkat yang bisa kami berikan, mudah-mudahan bermanfaat.

 

Salam Hormat,
Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi
innozzi@yahoo.com