Menyebut Kebaikan Orang yang Sudah Wafat

Menyebut Kebaikan Orang yang Sudah Wafat

LADUNI.ID - Siapapun yang wafat diantara kita hendaknya kita yang masih hidup dianjurkan untuk menyebut segala kebaikan yang sudah dilakukannya.  Berikut adalah petunjuknya:

Hadis 1:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: ذُكِرَ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَالِكٌ بِسُوءٍ فَقَالَ: «لَا تَذْكُرُوا هَلْكَاكُمْ إِلَّا بخير»

Dari Aisyah bahwa ada seseorang yang telah meninggal yang disebut keburukannya. Nabi bersabda: "Jangan kalian sebut orang-orang yang telah wafat di antara kalian kecuali dengan kebaikan" (HR Nasa'i)

Hadis 2:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «اذْكُرُوا محاسن مَوْتَاكُمْ، وَكُفُّوا عَنْ مَسَاوِئِهِمْ»

Dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Sebutlah kebaikan orang-orang yang telah wafat di antara kalian dan cegahlah untuk menyebut keburukan mereka" (HR Tirmidzi)

Hadis 3:

عن مُجاهدٍ قال: قالت عائشةُ: ما فَعَلَ يَزِيدُ بنُ قيسٍ عليهِ لَعْنَةُ اللَّـهِ؟ قالُوا: قَدْ مَاتَ، قالت: فأَسْتَغْفِرُ اللَّـهَ، فقالوا لَهَا: ما لَكِ لعَنْتِيه، ثم قلتِ: أَسْتَغْفِرُ اللَّـهَ؟ 
قالتْ: إنَّ رسولَ اللَّـهِ قال: «لا تَسُبُّوا الأمواتَ، فإنَّهم أَفْضَوْا إلى ما قَدَّمُوا»

Dari Mujahid bahwa Aisyah berkata: "Apa yang dilakukan Yazid bin Qais -semoga Allah menjauhkan rahmat darinya- ?" Mereka berkata bahwa ia telah meninggal. Aisyah berkata: "Aku meminta ampunan kepada Allah". Mereka bertanya: "Mengapa engkau melaknatnya kemudian meminta ampunan kepada Allah?" Aisyah berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian mencaci maki orang yang telah meninggal. Sebab mereka sudah selesai dengan amal mereka" (HR Ibnu Hibban)

Oleh: Ustaz Ma'ruf Khozin