Tusuk Gigi Bersama

Tusuk Gigi Bersama

LADUNI.ID - Sudah keselilitan? Sebentar lagi, setelah daging diberikan oleh panitia, maka semua merasakan makan daging, baik yang miskin hingga yang kaya, anak buah atau bos, murid atau guru, pekerja atau majikan, santri atau kyai, rata pokoknya, akan makan daging semuanya. Nah biasanya akan keselilitan bersama, yaitu daging nyangkut di sela-sela gigi (kecuali matic, tidak ada giginya).

Berikut adalah tata cara menggunakan tusuk gigi yang dijelaskan oleh Syekh Nawawi al-Bantani (wafat 1315 H, dari Banten dan dimakamkan di Ma'la, Makkah). Beliau dawuh:

"Dianjurkan menyisir sela-sela gigi dengan tusuk gigi dari sisa makanan. Sebaiknya tusuk giginya terbuat dari kayu yang menjadi bahan siwak, dan makruh jika menggunakan besi. Hendaknya jangan menelan sisa makanan yang dikeluarkan dengan tusuk gigi. Kecuali yang dikeluarkan dengan lidahnya. Sebab jika dikeluarkan dengan lidahnya (lalu ditelan) tidak mengalami perubahan pada sisa makanan" (Tausyih, Syarah Fathul Qarib Hal. 29 sebelum Bab Wudhu')

Oleh: Ustaz Ma'ruf Khozin

 
 

Tags