'Tol Langit' Sudah Sampai Mana ?

'Tol Langit' Sudah Sampai Mana ?

LADUNI.ID, Bandung - Saat ini pemerintah tengah berusaha keras merampungkan proyek pembangunan infrastruktur internet cepat di area terpencil negara ini. Deadline komersialisasi seluruh paket Palapa Ring yang lebih populer dengan sebutan 'tol langit' itu sedianya rampung Agustus ini.

Terdiri dari tiga paket Palapa Ring, yaitu Palapa Ring Paket Barat dan Palapa Ring Paket Tengah telah mulai beroperasi sejak 2018. Sementara masih dalam pengerjaan adalah yang ketiga, Paket Palapa Ring Timur.

Pemerintah sendiri mengakui mengalami kesulitan pada proses pembangunan Palapa Ring Paket Timur. Menkominfo menjelaskan tantangannya adalah jalur pegunungan yang harus dilalui sementara infrastruktur jalan belum tersedia. Sedangkan daerah yang di dekat lautan, seperti Saumlaki maupun Kepulauan Aru sudah dibentangkan serat fiber optiknya dan dinilai tak ada halangan.

"Dari 52, ada 28 lokasi yang tidak ada jalannya sama sekali. Ke sananya harus pakai helikopter. Termasuk air untuk ngaduk semen pun dibawa pakai galon, diangkut pakai helikopter. Nah, itu yang lama," tuturnya.

Meskipun demikian, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan untuk Paket Palapa Ring Timur konstruksinya bisa selesai pada Agustus ini.

"Konstruksinya selesai bulan Agustus ini saya dikasih tahu," ujarnya di Jakarta, Senin (12/8/2019).

Setelah kontruksi selesai, masih diperlukan waktu 28 hari untuk stabilisasi dan integrasi sampai dinyatakan resmi komersil seluruhnya.

"Di aturannya setelah konstruksi selesai itu memerlukan waktu 28 hari untuk stabilisasi dan integritasi. Misalkan di Papua, katakanlah di Puncak Jaya itu harus bisa backbonenya itu terhubung dengan Natuna Anambas. Itu kan harus di konfigurasi harus dites, tes itu kan juga memerlukan stabilisasi, integritasi. Tadi saya sampaikan kemudian, stabilisasi itu waktunya 28 hari," pungkas Rudiantara. (dna)