Soal Pendaftaran CPNS, Biro SDM Kemendikbud: Tidak Ada Rekrutmen CPNS Melalui Tatap Muka

Soal Pendaftaran CPNS, Biro SDM Kemendikbud: Tidak Ada Rekrutmen CPNS Melalui Tatap Muka

LADUNI.ID, Jakarta - Tidak ada proses perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui tatap muka. Demikian diungkapkan Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Agam Bayu Suryanto terkait proses perekrutan CPNS.

Agam menjelaskan, proses perekrutan CPNS telah dilakukan secara transparan dan berbasis online.

"Pengumumannya (perekrutan PNS) dilakukan secara transparan, jadi tidak ada pertemuan tatap muka dan transparan. Jika lolos (PNS), maka peserta akan langsung diadministrasikan di BKN untuk dapat Nomor Induk Kepegawaian (NIK)," tutur Agam kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa (13/8/19).

Dia mengingatkan kepada masyarakat, bahwa pendaftaran CPNS melalui internet dengan proses tahapan, bukan tatap muka.

"Kami mengimbau bahwa proses penerimaan CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) itu saat ini dilakukan dengan sangat transparan. Pendaftaran melalui internet kemudian dilakukan beberapa tahapan, seleksi administrasi, tes seleksi dasar, dan tes seleksi bidang," ucap dia.

Sementara itu, Subdit II Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil meringkus HM alias Bima, 57, pelaku penipuan dengan modus menawarkan jasa meloloskan korban menjadi PNS.

Bima sudah beraksi delapan tahun dan berhasil mengaku telah menipu sebanyak 99 kali dengan sejumlah barang bukti di antaranya empat lembar contoh petikan surat keputusan PNS, surat hasil pemberkasan CPNS tahun 2016, dan surat pengantar palsu dari kepala BPN.

Atas perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan, dengan ancaman pidana 4 tahun penjara. (*)