Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah Semarang

Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah Semarang

Profil

Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah (PPMQA), yang diasuh oleh KH M Sholeh Mahalli, AH & Hj. Nur Azizah, AH, merupakan tempat representatif untuk mempelajari ilmu-ilmu agama Islam, terutama Kitab Suci Al-Qur’an. PPMQA dapat menjadi kawah candradimuka bagi siapa saja, apalagi bagi mahasiswa IAIN, untuk menempa diri menjadi Generasi Qur’ani, generasi yang memiliki akhlakul karimah & intelektualitas yang meyakinkan.

Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah (PPMQA) didirikan oleh KH M Sholeh Mahalli, AH pada hari Sabtu Pahing tanggal 1 Muharam 1412 H bertepatan dengan tanggal 13 Juli 1991. Bermula dari asrama sederhana yang menampung beberapa santri, Pondok Pesantren yang berlokasi di Jl. Raya Beringin RT 1 RW 1 Ngaliyan Semarang 50189 ini, kini telah memiliki dua buah asrama berlantai dua dan satu gedung TPQ. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan Pondok Pesantren diorientasikan pada pembentukan karakter manusia Muslim yang memiliki tata nilai sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadits. Sebagai Pondok Al-Qur’an, porsi terbesar kegiatan Pondok adalah pengajian dan pengkajian Kitab Suci Al-Qur’an. Para Santri di PPMQA dibekali kemampuan untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dan untuk menghafalnya (tahaffudz al-Qur’an).

Lokasi pondok cukup kondusif bagi kegiatan belajar mengajar. Lingkungan yang agamis, cuaca yang teduh, dan kedekatan pondok secara geografis dengan Kampus IAIN, menjadikan PPMQA memiliki harapan besar untuk dapat membantu mengembangkan dakwah Islam dan mendidik generasi muda secara Qur’ani.Informasi lebih lanjut mengenai Pondok dan kegiatannya dapat langsung ditanyakan ke ndalem (kediaman) Pengasuh atau melalui nomor telepon (024) 7621004.

Pengasuh : Ibu Nyai Hj. Nur Azizah, AH

Pendiri : KH. M. Sholeh Mahalli, AH
 

Pendidikan               

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7.  Komputer
  8. Seni Hadroh
  9. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  10. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
     


 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
 

Alamat

 Jalan Bringin Timur RT.001/RW.001, Ngaliyan, Bringin, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah

Telepon: (024) 7621004

Kode Pos : 50189

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah Semarang