Ragam Lomba Tradisional di Hari Kemerdekaan RI

 
Ragam Lomba Tradisional di Hari Kemerdekaan RI

LADUNI.ID, Jakarta - Momentum peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) biasanya ditandai dengan ber bagai perlombaan yang digelar. Berbagai macam lomba seringkali menghiasi dan meramaikan Hari Kemerdekaan RI.

Biasanya, perlombaan tersebut dilaksanakan di kampung-kampung/ pedesaan yang umumnya diikuti oleh anak-anak dan remaja dan dikoordinir oleh pengurus kampung (RT/RW) / organisasi pemuda setempat (karang taruna).

Ada berbagai bentuk perlombaan tradisional yang biasa dilaksanakan di Indonesia, berikut tim redaksi Laduni.id himpun sebagai berikut.

1. Lomba Makan kerupuk

Lomba makan kerupuk adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Panitia lomba biasanya menyiapkan kerupuk sejumlah jumlah peserta yang digantung dengan tali secara berjejer kepada sebuah tali panjang. Para peserta berlomba untuk memakan kerupuk masing-masing, dan pemenangnya adalah peserta yang paling cepat memakan habis kerupuknya. Tantangan dari lomba ini adalah peserta tidak diperbolehkan menggunakan tangan dalam memakan kerupuk, peserta hanya diperbolehkan menggunakan mulutnya.

2. Lomba Panjat pinang

Panjat pinang adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Sebuah pohon pinang yang tinggi dan batangnya dilumuri oleh pelumas disiapkan oleh panitia lomba. Di bagian atas pohon tersebut, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon yang biasanya pohon pinang.

3. Lomba Lari kelereng

Lari kelereng adalah salah satu perlombaan yang paling poluper dilaksanakan pada perayaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus. Cara bermain biasanya dilakukan dengan berjalan cepat setengah lari menjaga kelereng agar tidak jatuh. Apabila kelereng jatuh dari sendok maka dinyatakan kalah. Untuk menentukan pemenang dilihat dari jumlah kelereng di dalam ember.

4. Lomba Balap karung

Balap karung adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Sejumlah peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam karung kemudian berlomba sampai ke garis akhir.

5. Lomba Tarik tambang

Tarik Tambang adalah permainan antarregu yang memerlukan kekuatan juga kekompakan. Tarik tambang biasa dimainkan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.  Pertandingan tarik tambang melibatkan dua regu, dengan 5 atau lebih peserta. Dua regu bertanding dari dua sisi berlawanan dan semua peserta memegang erat sebuah tali tambang. Di tengah-tengah terdapat pembatas berupa garis. Masing-masing regu berupaya menarik tali tambang sekuat mungkin agar regu yang berlawanan melewati garis pembatas. Regu yang tertarik melewati garis pembatas dinyatakan kalah. Taktik permainan terletak pada penempatan pemain, kekuatan tarik dan pertahanan tumpuan kaki di tanah. Pada umumnya pemain dengan kekuatan paling besar ditempatkan di ujung tali, untuk menahan ujung tali saat bertahan atau menghentak pada saat penarikan.

6. Lomba Perang bantal

Perang bantal adalah salah satu permainan yang populer saat perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Cara permainannya biasanya dilakukan dengan dua orang pemain duduk di atas sebuah batang pohon yang diletakkan di atas air, bisa berupa sungai atau kolam. Pemain tersebut duduk berhadapan dan bersenjatakan bantal baku pukul sampai salah satu terjatuh ke dalam air. Yang tetap bertahan di atas dinyatakan sebagai pemenang.

7. Lomba Sepeda lambat

Sepeda lambat adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Dalam permainan ini, Para peserta bersiap dengan sepeda masing-masing di garis permulaan dan berlomba untuk mencapai garis finish dalam lajur masing-masing. Namun, berbeda dan berlawanan dengan balap sepeda, pemenang sepeda lambat adalah peserta paling akhir yang mencapai garis finish. Karena sepeda hanya mempunyai dua roda, semakin lambat sepeda dikayuh, semakin sulit untuk menjaga keseimbangan, dan bila peserta tidak dapat menyeimbangkan sepeda (jatuh atau salah satu kakinya menyentuh jalan), peserta akan dinyatakan gugur.

Selain dari tujuh perlombaan pada moment hari kemerdekaan Indonesia ini, masih banyak permainan tradisional lain, seperti lomba balap tempeh, perang bantal, pemecahan balon, pengambilan koin dalam terigu, joget jeruk, memasukan benang ke dalam jarum, memasukan paku ke dalam botol, balap bakiak, rebutan kursi, gigit koin dalam semangka, dan berbagai perlombaan menarik lainnya.