Refleksi Atas HUT RI Ke-74

Refleksi Atas HUT RI Ke-74

LADUNI.ID - 74 tahun sudah berlalu saat-saat sang proklamator memimpin bangsa ini menyatakan kemerdekaannya. Sejak 74 tahun itu pula secara resmi NKRI lahir sebagai sebuah bangsa yang berdaulat dan merdeka. Karena itulah hari ini, tanggal 17 Agustus kita peringati sebagai hari kemerdekaan. Sukacita kita rayakan, mulai dari kegiatan formal upacara bendera, hingga hiburan, lomba dan berbagai kemeriahan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

Lalu, apa sebenarnya wujud dari kemerdekaan itu? Apa yang mesti kita raih dengan kemerdekaan itu? So..., pastinya kemerdekaan itu bukan sekedar bebas dari penjajahan secara fisik sebagaimana tahun 1945, tapi kebebasan dalam semua aspek non-fisik.

Karena itu, marilah kita rayakan HUT kemerdekaan RI ke 74 ini dengan senantiasa merefleksikan banyak hal dalam diri dan bangsa ini;

Di usia 74 tahun ini, sudahkah bangsa ini bebas dari kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan?
Di usia 74 tahun ini sudahkah bangsa ini bebas dari korupsi, penindasan dan ketidak-adilan sesama?
Di usia 74 tahun ini, sudahkah bangsa ini menikmati kue pembangunan dan kesejahteraan secara adil dan merata di semua pelosok negeri?

Di usia 74 tahun ini, sudahkah bangsa ini mampu memberikan jaminan terhadap kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial sebagaimana amanat UUD?

Di usia 74 tahun ini, sudahkah bangsa ini bebas dari hegemoni dan ketergantungan dengan negara luar (asing)?
Dan banyak lagi aspek hidup berbangsa dan bernegara yang mesti diwujudkan oleh bangsa ini, seluruh komponen bangsa, pemerintah bersama dukungan rakyat yang besar, untuk mewujudkan kemerdekaan yang sesungguhnya. Kemerdekaan bangsa yang berdaulat dan bermartabat.

Selamat berefleksi, selamat HUT RI ke 74 

Oleh: Dr.Ibrahim, MA

Ketua LTN PWNU Kalbar

 
 

Tags