Pimpin Upacara HUT RI di Mekah, Ketum IKA UINSA: Harus Pertahankan NKRI

Pimpin Upacara HUT RI di Mekah, Ketum IKA UINSA: Harus Pertahankan NKRI

LADUNI.ID, Jakarta - Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni UIN Sunan Ampel Surabaya (Ketum IKA UINSA) Imam Nahrawi memimpin upacara HUT Kemedekaan RI di Mekah, Sabtu (17/8). Dalam upacara tersebut, Imam Nahrawi menyampaikan bahwa NKRI harus tetap dipertahankan sebagai cara menghormati jasa para pahlawan.

“Kita harus tetap mempertahankan NKRI, karena inilah cara menghormati jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan,” ujar Imam Nahrawi yang bertindak sebagai inspektur upacara tersebut.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI ini juga berpesan supaya semua jamaah dari Indonesia, berikut petugas haji dan umrah agar bisa meningkatkan nasionalisme di mana pun berada. Sebab dengan itulah cara menghormati jasa-jasa para pahlawan.

Dalam upacara tersebut juga dikomandani oleh Brimob Mabes Polri M Muchit, sementara petugas perwira upacara dipegang oleh H Memed Yudha dari Seskoad. Adapun pembaca doa adalah dipimpin oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof Masdar Hilmi.

“Kesuksesan acara ini tak lepas dari doktrin hubbul waton minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman). Dan bumi yang paling mulia, Makkah Almukarromah telag menjadi saksinya,” ujar Prof Masdar Hilmi.

Untuk diketahui, upacara ini dimulai pukul 07.00 WAS (waktu Arab Saudi) dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila, UUD 1945 dan naskah Proklamasi. Semua peserta upacara mengikuti upacara dengan khidmat. (Sumber: UINSBY)