Jin Itu Punya Agama?

 
Jin Itu Punya Agama?

LADUNI.ID - Jin itu macam-macam agamanya. Seperti manusia, mereka juga lengket pada simbol agamanya masing-masing dan cenderung mengajak orang padanya. Ini wajar sebab jin dalam hal ini sama dengan manusia: Sama-sama punya pilihan dan sama-sama ada juru dakwahnya. Juga sama-sama ada yang suka iseng godain, nipu dan ngerjain. Nanti di akhirat juga sama-sama ada yang masuk surga dan ada yang di neraka.

Jin muslim yang shalih kerjasama dengan orang muslim yang shalih pula. Mereka membangunkan orang shalih kalau waktu shalat, ngingetin ke masjid dan sebagainya. Nabi mencontohkan yang tergolong jin shalih ini adalah jin yang mendampingi beliau. Beliau bercerita:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا وَقَدْ وُكِّلَ بِهِ قَرِينُهُ مِنْ الْجِنِّ قَالُوا وَإِيَّاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَإِيَّايَ إِلَّا أَنَّ اللَّهَ أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلَا يَأْمُرُنِي إِلَّا بِخَيْرٍ
"Tidaklah seorang pun dari kalian melainkan dikuasai pendamping dari kalangan jin." Mereka bertanya: Tuan juga, wahai Rasulullah? beliau menjawab: "Aku juga, hanya saja Allah membantuku mengalahkannya lalu ia masuk Islam, ia hanya MEMERINTAHKAN KEBAIKAN padaku." (HR. Muslim)

Adapun jin non-muslim ya sama juga kerjasama dengan non-muslim dan juga terlibat dalam dakwah non-muslim. Hal ini disinggung dalam ayat berikut:

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُمْ مِنَ الْإِنْسِ ۖ وَقَالَ أَوْلِيَاؤُهُمْ مِنَ الْإِنْسِ رَبَّنَا اسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَبَلَغْنَا أَجَلَنَا الَّذِي أَجَّلْتَ لَنَا 
"Dan (ingatlah) pada hari ketika Dia mengumpulkan mereka semua (dan Allah berfirman), “Wahai golongan jin! Kamu telah BANYAK (MENYESATKAN ) MANUSIA.” Dan kawan-kawan mereka dari golongan manusia berkata, “Ya Tuhan, kami telah SALING MENDAPATKAN KESENANGAN (saling memanfaatkan) dan sekarang waktu yang telah Engkau tentukan buat kami telah datang.” [Surat Al-An'am 128]

Intinya jin sama lah seperti manusia. Macam-macam sifatnya.

Jadi teringat kisah di pondok dulu yang konon pernah ada santri yang mau masuk ke kamarnya di malam hari yang gelap. Maklum saat itu belum ada PLN. Ternyata di pintunya ada seseorang yang berdiri menghalangi jalan dengan posisi membelakangi santri itu. Si santri bilang: "Kang pindah jangan di sini". Orang itu pun menoleh dan ternyata tak ada wajahnya. Hehee... Dengan ketakutan dan tubuh gemetar, si santri membaca ayat kursi untuk mengusir makhluk itu. Dapat separuh bacaan dia tertegun tak bisa melanjutkannya. Eh ternyata si Jin iseng itu malah melanjutkan bacaan ayat kursinya. Hahaha.. Kalau kisah ini benar, mungkin jin itu adalah jin santri senior di pondok itu yang sedang jahil pada yuniornya dari kalangan manusia.

Oleh: Abdul Wahab AHmad

 

 

Tags