Google Selalu Tampilkan HUT RI, Ternyata Bos Cantiknya Keturunan Indonesia

Google Selalu Tampilkan HUT RI, Ternyata Bos Cantiknya Keturunan Indonesia

LADUNI.ID, Jakarta - Tahu tidak, kenapa setiap 17 Agustus, Google selalu menampilkan doodle Hari Kemerdekaan Indonesia? Bahkan, Google sudah melakukannya sejak 2009 silam. Ternyata, salah satu bos Google-nya adalah keturunan Indonesia.

Adalah Lilian Rincon, salah satu bos cantik Google yang paling powerfull di Google. Dia adalah Director of Product Management for the Google Assistant yang bertanggung jawab terhadap pengembangan asisten pintar andalan Google.

Tahukah Anda, ternyata Lilian Rincon adalah bos wanita keturunan Indonesia. Dia dilahirkan dari seorang ibu yang berasal dari Indonesia, dan ayahnya berasal dari Venezuela. Sejak kecil Lilian Rincon memang tinggal bersama ibu dan ayahnya.

"Nenek saya adalah imigran muda dari China ke Indonesia di Perang Dunia II. Dia tidak punya apa-apa dan buta huruf. Tapi kepribadiannya karismatik, bagus dalam matematika dan sangat pekerja keras,” kata Lilian Rincon ketika berkisah tentang keluarganya.

Lilian juga menceritakan bahwa sang nenek sukses membangun bisnis kain dan dealer mobil di Indonesia. Ibunya, Jeanny Rincon, kuliah ilmu komputer di Inggris, tinggal bersama suami dan dua anaknya.

Bahkan, sang ibu tercatat pernah bekerja di IBM Inggris, kemudian pindah ke Venezuela. Di sana dia menikah dengan pria setempat dan lahirlah Lilian.

Lilian Rincon bergabung di Google pada tahun 2017. Sekarang memimpin tim global sejumlah 150 orang. Lilian sebelumnya bekerja di divisi Skype dan Microsoft. Sebagai bos Google Assistant, Lilian Rincon sering tampil sebagai pembicara di banyak event.

“Tim saya adalah yang memikirkan hal-hal apa yang bisa dilakukan Google Assistan," tuturnya. Lilian juga sering tampil di media massa.

Sosok Lilian sangat mementingkan keluarga meski sibuk sebagai wanita dengan karir top. Saat ini, Lilian tinggal di San Carlos, California, bersama keluarga kecilnya ini.

Deretan Google doodlenya yang dipersembahkan tiap tahun pada tanggal 17 Agustus, sebagai berikut.

1. Gapura menjadi tema Google Doodle 2019.

2. Lomba balap karung dijadikan tema Google Doodle 2018.

3. Semangat Bhineka Tunggal Ika dijadikan tema Google Doodle 2017.

4. Giliran Paskibra menjadi tema Google Doodle di 2016

5. Monumen Porklamasi dijadikan tema Google Doodle pada hari Kemerdekaan Indonesia pada 2015.

6. Keceriaan anak-anak mengikuti upacara bendera 17 Agustus jadi tema Google Doodle 2014.

7. Pancasila dan Merah Putih jadi tema Google Doodle tahun 2013.

8. Aneka lomba 17-an memeriahkan Google Doodle 2012.

9. Panjat pinang memang menjadi salah satu lomba yang ikonik pada 17-an. Karenanya pada 2011 tema yang sama dihadirkan pada Google Doodle 2012.

10. Tari adat menjadi tema Google Doodle 2011

11. Inilah Google Doodle pertama dalam menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia.

(Sumber: Detik News)