Presiden Jokowi: Pemerintah Akan Terus Jaga Kehormatan Papua

Presiden Jokowi: Pemerintah Akan Terus Jaga Kehormatan Papua

LADUNI.ID, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen pemerintah bahwa nilai-nilai keberagaman, toleransi, saling menghargai akan terus dijaga terkait insiden demonstrasi  yang berujung rusuh di Manokwari dan Sorong, Papua Barat.

“Yakinlah bahwa pemerintah akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan pace, mace, mamak-mamak, yang ada di Papua dan di Papua Barat,” kata Jokowi di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (20/8/19). 

Baca Juga: 

Terkait kejadian di Manokwari, Papua Barat, Presiden Jokowi juga mengaku dirinya memahami perasaan warga Papua dan Papua Barat bahwa ada ketersinggungan. Untuk itu, Presiden mengimbau kepada seluruh warga Papua dan Papua Barat untuk bersabar dan saling memaafkan.

“Saudara-saudaraku, Pace, Mace, Mama-mama di Papua, di Papua Barat, saya tahu ada ketersinggungan. Oleh sebab itu, sebagai saudara sebangsa dan setanah air yang paling baik adalah memaafkan. Emosi itu boleh tetapi memaafkan lebih baik. Sabar itu lebih baik,” tuturnya.

Presiden juga menegaskan komitmen pemerintah yang akan terus menjaga kehormatan Indonesia termasuk kesejahteraan warga Papua dan Papua Barat.

"Yakinlah pemerintah terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan Pace, Mace, Mama-mama yang ada di Papua dan Papua Barat," tutur Jokowi.

Selain itu, sebelumnya Jokowi sudah memerintahkan kepada Kapolri untuk menindak aktor kerusuhan sesuai dengan hukum yang berlaku tanpa pandang bulu, untuk menciptakan ketertiban umum dan penegakan hukum. (*)