Bambu Getah Getih Dibongkar, Pemprov DKI Jakarta Bangun Batu Bronjong

Bambu Getah Getih Dibongkar, Pemprov DKI Jakarta Bangun Batu Bronjong

LADUNI.ID, Jakarta - Instalasi Gabion atau Batu Bronjong menghiasi bekas lokasi tempat instalasi Bambu Getah Getih yang telah dibongkar pada bulan juli 2019 lalu.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Pemrov DKI Jakarta, Suzi Marsitawati pemasangan Batu Bronjong bukan untuk menggantikan instalasi Bambu Getah Getih.

"Itu sebenarnya bukan pengganti getah getih, sebenarnya itu lokasi tempat untuk instalasi. Nah sekarang kita menggunakan batu-batuan itu sususan batu yang kita sebut dengan instalasi Gabion," tutur Suzi saat dihubungi, Rabu (21/8/19).

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI sebelumnya telah membangun instalasi Bambu Getah Getih dilokasi yang sama, yakni di taman Bunderan Hotel Indonesia. Namun karena Bambu Getah Getih itu rapuh Pemrov DKI melakukan pembongkaran.

Lebih lanjut, kata Suzi, instalasi batu bronjong dan tanaman Bogenville merupakan upaya mengurangi polusi udara di Jakarta.

"Iya untuk mengurangi polusi kurang lebih begitu," ucapnya.

Menurut Suzi Batu Bronjong diprediksikan bisa bertahan hingga dua tahun.

"Ya kuat lah, kan dari batu gitu. Setahun bisa, dua tahun juga bisa," ujarnya.

Informasi yang diperoleh laduni.id anggaran untuk pengadaan karya seni tersebut mencapai Rp150 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah DKI tahun 2019. (*)