Sejumlah SPKD DKI Jakarta Alami Perubahan Nama

Sejumlah SPKD DKI Jakarta Alami Perubahan Nama

LADUNI.ID, Jakarta - Sejumlah Satuan Perangkat Kerja Daerah (SPKD) Pemrov DKI Jakarta bakal berganti nama. Pasalnya, DPRD DKI Jakarta menyetujui usulan Pemprov DKI tentang SPKD dalam Rapat Paripurna di gedung parlemen, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/19).

Pergantian nama dibacakan Anggota DPRD DKI Sereida Tambunan dari hasil pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah DKI Jakarta.

Adapun SPKD yang mengalami perubahan nama, yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi Dinas Kebudayaan. Kemudian, pemisahan antara pariwisata dan kebudayaan bertujuan agar Dinas Kebudayaan fokus mengembangkan unsur kebudayaan dan kearifan lokal.

Pemprov DKI juga mengubah nomenklatur Dinas Perindustrian dan Energi. Dinas tersebut kini bergabung dengan dinas pariwisata menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kemudian Dinas Kehutanan menjadi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota. Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan menjadi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah.

Sementara, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, berubah menjadi Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi. Kemudian Badan Pajak dan Retribusi Daerah menjadi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Dalam Raperda itu, Sereida menyampaikan dalam rangka mengoptimalkan proses transisi pengisian kepala perangkat daerah dan unit kerja, maka serah terima personel, dan pendanaan paling lambat tiga bulan sejak anggaran 2019 berakhir.

"Batas waktu itu termasuk penyerahan dokumen dan sarana prasarana," terangnya.

Dia berharap, penataan perangkat daerah tersebut kedepan tidak terjadi tumpang tindih atau saling lempar tanggung jawab di antara perangkat daerah.

"Dan diharapkan juga dapat mendorong dan meningkatkan kinerja perangkat daerah," tandasnya.

Perubahannama SKPD itu berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi DKI Jakarta. (*)