Kebangkitan Islam, Rusia Resmikan Masjid Terbesar se-Eropa

 
Kebangkitan Islam, Rusia Resmikan Masjid Terbesar se-Eropa

LADUNI.ID, Jakarta - Sebuah masjid terbesar di Benua Eropa bernama Masjid Prophet Mohammed baru diresmikan oleh Otoritas Rusia. Peresmian masjid yang terletak di Kota Shali, Chechnya, Rusia ini dianggap sebagai salah satu cara Rusia untuk menghidupkan kembali kebangkitan Islam di Eropa.

Masjid ini mempunyai desain yang unik dengan ukuran yang super megah. Masjid ini akan mampu menampung 70 ribu jamaah. Di bagian masjid depan ini ditumbuhi bunga-bunga da nada sejumlah air mancur. Lantai di bagian dalam masjid ini pun berbahan dari marmer di mana di bagian dalam ini mampu menampung 30 ribu jamaah.

Sebagaimana dilansir dari laman uk.reuters.com yang kemudian dikutip tempo.co, Sabtu (24/8), Vladmir Putin telah menunjuk Ramzan Kadyrov sebagai pemimpin Chechen di mana penduduk di dalamnya adalah mayoritas memeluk agama Islam. Sehingga, adanya mesjin ini menunjukkan sebagai menghidupkan kembali kebangkitan Islam di Chechen.

Salah satu cara yang dilakukan Kadyrov untuk menghidupkan kebangkitan Islam ini adalah dengan membangun masjid-masjid mewah dan besar. Kadyrov pun dianggap sebagai pemimpin yang telah menciptakan ketenangan dan menunjukkan stabilitas di kawasan ini selama bertahun-tahun.

Lebih dari itu, Kadyrov pun pernah membangun masjid yang bernama ‘Jantung Chechnya’ di kota Grozny, di mana kota ini pernah hancur karena perang antara Moskow dengan berbagai kelompok seperatis.