Dampak Sekutu Saudi Gempur Penjara di Yaman Tewaskan 100 Orang

 
Dampak Sekutu Saudi Gempur Penjara di Yaman  Tewaskan 100 Orang

LADUNI.ID, Diperkirakan Lebih dari 100 orang dilaporkan tewas akibat serangan udara yang diluncurkan koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi ke sasaran yang diduga adalah gudang senjata pemberontak Houthi di Yaman, Senin (2/9). Ternyata bangunan itu adalah sebuah penjara di wilayah yang dikuasai pemberontak.

"Kami memperkirakan ada 100 orang yang terbunuh," kata kepala delegasi Organisasi Palang Merah Internasional (ICRC) di Yaman, Franz Rauchenstein.

Franz Rauchenstein menuturkan sebanyak 40 orang lainnya ikut terluka dalam serangan yang terjadi di Kota Dhamar itu. Puluhan korban luka segera dibawa ke rumah sakit di selatan Ibu Kota Sanaa.

Sekutu Saudi memang menuturkan telah meluncurkan serangan udara terhadap basis militer Houthi yang diyakini gudang penyimpan "drone dan rudal-rudal."

Kelompok Houthi melalui stasiun televisi propagandanya, Al-Masirah, mengatakan serangan udara menghancurkan sebuah bangunan yang mereka gunakan sebagai penjara.

Sedangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuturkan 52 tahanan termasuk korban tewas dalam serangan itu, sementara 68 lainnya masih hilang.

"Korban kemungkinan besar akan terus meningkat karena upaya penyelamatan masih berlangsung," kata Rauchenstein.

"Yang paling mengganggu adalah bahwa (serangan ini) dilakukan terhadap sebuah penjara. Menghancurkan bangunan seperti ini mengejutkan dan menyedihkan. Tahanan termasuk yang dilindungi oleh hukum internasional," paparnya menambahkan.

Menurut sejumlah rekaman video terlihat kerusakan parah terjadi pada bangunan bekas yang dipakai sebagai penjara itu. Sejumlah jasad juga terlihat bergeletakan di antara reruntuhan bangunan.

Rauchenstein menuturkan tim ICRC terus bekerja tanpa henti untuk menemukan korban selamat lainnya di bawah puing-puing bangunan, meski peluangnya tipis.

Perseteruan sipil Yaman yang telah terjadi sejak 2015 lalu dilihat secara luas sebagai perang proxy antara Saudi dan Iran, dua kekuatan besar di Timur Tengah. Saudi selama ini membantu pemerintah Yaman untuk memberangus Houthi yang diduga disokong Iran.

Berdasarkan penjelasan kelompok kemanusiaan, hingga hari ini konflik sipil di Yaman telah merenggut puluhan ribu jiwa. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahkan menganggap konflik yang telah berjalan selama empat tahun ini sebagai krisis kemanusiaan terburuk sepanjang sejarah.