Pesantren Al Fatah, Jayanihim, Cilacap

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al Fatah, Jayanihim, Cilacap

Profil

Adalah KH. Thoha Almagfurlah yang merintis berdirinya Pondok Pesantren Al-Fatah Jayanihim Donan Cilacap pada tahun 1967. Sebelum  pondok pesantren Al-Fatah didirikan di wilayah  Donan . Almagfurllah hijrah ke kota cilacap pada tahun 1960 dari  pinggiran Kota Cilacap yakni Lebeng Kesugihan. dimana kondisi saat itu sedang bergejolak pemberontakan PKI dimana-mana. bahkan di wilayah donan ini merupakan basis PKI, masyarakatnya  sama sekali tidak mengenal agama.

Pada waktu itu merupakan situasi yang gawat yang tidak menguntungkan bagi perkembangan agama Islam, baik secara social, ekonomi akhlaq dan ini akibat pengaruh paham komunis yang merajalela di Cilacap.  Yang pada akhirnya paham komunis di larang di Indonesia ini karena bertentangan dengan ajaran Agama Islam dan juga bertentangan dengan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Setelah meletusnya G 30 S PKI tahun 1965 di wilayah Donan  ada masyarakat yang menghendaki anak-anaknya di ajarkan ajaran Agama diajari ngaji, karena pada saat itu pun telah berdiri Mushola Kecil yang didirika oleh KH. Thoha . Di Musholla kecil inilah anak-anak diajarkan ngaji oleh KH.Thoha yang alumni dari Ponpes Termas di Pati dan Ponpes Lirap Kebumen dibantu oleh putranya yakni KH. Munhamir Thoha.

Dengan kesabaran dan ketekunan KH. Thoha dan Putranya KH. Mjunhamir Thoha, mendidik meraka  dengan pelajaran agama dan sedikit pengetahuan umum, anak-anak  merasa senang dan bersemangat untuk menuntuk Ilmu, karena anak anak didaerah ini tidak mendapatkan Pendidikan/Sekolah dikarenkan tidak mampu membayar uang sekolah.

Akhirnya atas prakarsa dari Bapak KH. Thoha yang merupakan ayahanda di KH. Munhamir Thoha didirikanlah Sekolah Dasar Islam pada Tahun 1967. Dan pada tahun itu pula  yakni Tahun 1967  didirikan Pondok Pesantren Al-Fatah untuk  menampung anak-anak usia SMP/SMA yang ingin belajar  ngaji dan memperdalam ILmi-ilmu agama dengan mempejari kitab-kitab Kuning  dan KH. Thoha sebagai Pengasuh sekaligus Pendiri Pondok Pesantren Al-Fatah Jayanihim Donan Cilacap sampai Sekarang.

Telah banyak melahirkan alumni-alumni dan bertebaran di wilayah Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan maka pada Tahun 1976 berdiri TK Ilsam Al-Fatah, dan pada tahun 1978 berdiri MTs Al-Fatah Donan Cilacap. Untuk memperkuat Lembaga-lembaga Pendidikan yang ada, maka pada tahun 1985 dibuatlah Yayasan Lembaga Pendidikan Al-Fatah dengan Notaris SARDJONO SURIPTO, SH.  dengan Akte Yayasan No. 2 tanggal 12 Maret 1985.

Kemudian diadakan perubahan Akte Yayasan karena pengurusnya sudah banyak yang meninggal. Maka pada tahun 2013 Yayasan merubah Nama dan Pengurus Yayasan di hadapan Noatris  SUMARDI, SH.  Dengan  Akte Pendirian Yayasan Al-Fatah Jayanihim Cilacap Nomor  : 43 Tanggal  22 April 2013, dan mendapat Pengesahan dari MENHUMHAM RI  Nomor : AHU – 3807.AH.01.04 Tahun 2013.

Pendiri
KH. Thoha

Pengasuh
1. KH. Thoha
2. KH. Muslihun Ashari

Pendidikan

    Pendidikan Formal

  1. TK
  2. MI
  3. MTs

Pendidikan Non Formal:
1.Tahfidzul Qur'an
2. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

Pesantren Al Fatah  memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti santri, di antaranya:

1. Tahfidzul Qur’an 
2, Kajian Kitab kuning
3. Tahlil
4. Imamah
5. Khitobah
6. Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
7. Marching band
8. Komputer
9. Pramuka
10. PMR
11. Paskibra
12. Seni Hadroh
13. Kursus B. Arab dan B. Inggris
14. Olahraga:Sepakbola/Futsal, Voli, Basket, Beladiri
15. Ziarah


Hadrah di pesantren Al Fatah


Baca Al Qur'an di pesantren Al Fatah

Fasilitas

Pesantren Al Fatah memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Kantor
13. Dapur


Masjid di pesantren Al Fatah


Gedung pesantren di pesantren Al Fatah


 

Alamat

Jl. Citanduy No.39, RT.05 / RW.09, Gobok, Kel. Donan, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.
Telpon:       (0282) 536110
                   0813 2715 5970 (Ponpes)
                   0816 694 105 (Ponpes)
                   0858 0133 2472 (MI Alfatah)
                   0888 2878 194 (MTS Al Fatah)
Kode Pos :  53213
Email : mts.alfatahjayanihim@gmail.com

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini: Pesantren Al-Fatah Donan Jayanihim 

 

KUNJUNGI JUGA


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.