Roti Kue Hasil Olahan WMS Siap Bersaing Dipasar Nasional

Roti Kue Hasil Olahan WMS Siap Bersaing Dipasar Nasional

LADUNI.id, Sumenep - Sejumlah kaum perempuan muda mengikuti pelatihan pembuatan dan produksi Roti Kue, Camelan dan Aneka Minuman 2 di Entrepreneuship Training and Development Centre (ETDC) Sumenep, terlihat penuh semangat memupuk keahliannya dalam memproduksi sejumlah roti kue di rumah produksi Wirausaha Muda Sumenep (WMS).

Para peserta wirauasaha muda tetap semangat mengikuti pelatihan tahap satu yang akan berlangsung selama 25 hari. Hasil produksi kuenya, sangat enak dan nyaman. Bahkan, sudah banyak yang memproduksi berupa roti kue berkelas, dengan kemasan seolah pabrikan. 

Salah satu pendamping pelatihan, Moh Rusydi mengatakan, dalam pelatihan tersebut dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama pengenalan soft skil dan sesi kedua, pengenalan hard skil. 

"Pengenalan soft skill adalah pengelanan bahan-bahan, tepung dan klasifikasinya. Sedangkan hard skilnya, langsung pada pelatihan. Artinya, dari tepung diaplikasikan menjadi barang jadi yang siap diproduksi dalam kapasitas banyak," terangnya. 

Sementara, Wadhun Jamilah, Tim Bisnis Roti Kue WMS, menjelaskan, para peserta wirausaha muda saat ini sudah terlihat memiliki skill mumpuni. Bahkan, peserta yang mengikuti sebelumnya, produknya saat ini sudah banyak diminati pasar, karena secara kualitas, cukup mampu bersaing dengan produk lainnya.

"Mereka nanti setelah lulus, dapat menerima pesanan aneka kue, baik dalam jumlah banyak maupun sedikit. Sebab, alumni WMS produksinya mampu bersaing dengan hasil produksi pabrikan," terangnya. 

Dia mencontohkan produk songkok nasional, kualitansya tidak diragukan lagi. Terbukti, pemesan yang awalnya ragu, saat ini sudah mampu dijawab dengan kualitas songkok dari produk para peserta wirausaha muda di rumah produksi WMS tersebut.

“Pemesan sangat membludak. Kami tidak khawatir produk kami tidak ada yang membeli, karena apa yang kami haislkan, bersaing dengan produksi songkok lainnnya yang sudah beredar di pasaran,” tuturnya. 

Selain kualitas produksi kue bagus, WMS pun akan terus membantu para pengusaha muda hingga benar benar mandiri. Sehingga hasilnya dapat terpantau dengan baik dan maksimal. Dia pun berharap, semua pihak ikut membantu dalam pengembangkan bisnis dari para pengusaha muda Sumenep. 

Optimisme para peserta wirauahawan muda sangat tinggi, seiring produk yang dihasilkan sangat mumpuni dari sisi kualitas. Sehingga peluang meniti karir menjadi wirauasahwan muda sangat terbuka lebar. Produk kue akan terus banyak diminati. Apalagi, hasil produknya tidak kalah saing. (ibn)