Wisata dan Ziarah di Makam Pangeran Puger Demaan Kudus

Wisata dan Ziarah di Makam Pangeran Puger Demaan Kudus

Liku Sejarah

Pangeran Puger Demaan Kudus adalah Raden Mas Kentol Kejuro, putera ketiga Panembahan Senopati, lahir dari seorang isteri selir bernama Nyai Adisara. Jatuhnya tahta kerajaan Mataram ke Panembahan Hadi Prabu Hanyokrowati, putera ke-8 Panembahan Senapati yang lahir dari permaisuri, membuat Puger merasa tak puas. Untuk meredamnya, Hanyokrowati pun mengangkat Puger menjadi Adipati Demak, yang terjadi pada sekitar tahun 1602 M.

Meskipun telah mendapat jabatan tinggi, namun kemuliaan sebagai raja dan mimpi menjadi penguasa Mataram rupanya masih menghantui pikiran Pangeran Puger, yang membuatnya kemudian memberontak terhadap pemerintahan adiknya sendiri. Perang pun tak terhindarkan, namun pasukan Mataram yang dipimpin Tumenggung Suranata (Ki Gede Mestaka) akhirnya berhasil menggulung pasukan pemberontak.

Kalah dalam peperangan, Pangeran Puger pun kemudian diasingkan oleh adiknya ke daerah yang sekarang dikenal sebagai Desa Demaan. Peristiwa ini terjadi pada sekitar tahun 1605 M. Dalam pengasingannya itu Pangeran Puger akhirnya bertekat untuk lebih menekuni kehidupan beragama dan kemudian ikut menyebarkan agama Islam. Ketekunannya mempelajari agama Islam menjadikannya sebagai seorang mubaligh di daerah itu.
“Kata Demaan berawal dari kata Demak. Mengapa Demak, karena cikal bakal dari desa ini adalah Pangeran Puger yang merupakan Adipati Demak masa itu. Sehingga desa ini dinamakan Demaan.” ujar Kepala Desa Demaan, M Sugiyono

Pangeran Puger yang dimakamkan di Desa Demaan Kudus adalah Raden Mas Kentol Kejuro, putera ketiga Panembahan Senopati, lahir dari seorang isteri selir bernama Nyai Adisara. Jatuhnya tahta kerajaan Mataram ke Panembahan Hadi Prabu Hanyokrowati, putera ke-8 Panembahan Senapati yang lahir dari permaisuri, membuat Puger merasa tak puas. Untuk meredamnya, Hanyokrowati pun mengangkat Puger menjadi Adipati Demak, yang terjadi pada sekitar tahun 1602 M.
 

Lokasi Makam

Kompleks Makam Pangeran Puger Demaan Kudus dilindungi dengan tembok keliling dan di bagian depan terdapat gapura beratap yang pilarnya dibuat dari susunan bata telanjang yang direkat semen. Komplek Makamnya berada di Desa Demaan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus tepatnya di sebelah timur Balai Desa Demaan
 

 

 

yang Sudah Mengunjungi Wisata dan Ziarah di Makam Pangeran Puger Demaan Kudus