Arloji Tua, Ayah dan Anak

 
Arloji Tua, Ayah dan Anak

LADUNI.ID, Jakarta - Kisah, Seorang ayah dan anaknya. Merasa ajal nya sudah dekat, seorang ayah berkata kepada anak nya:

"Nak, Arloji milik ku ini adalah warisan dari kakek buyut mu, usia nya lebih dari 200 tahun," ucap sang Ayah.

"Sebelum Ayah wariskan pada mu, Ayah mau kamu bawa Arloji tua ini ke toko jam di sebrang jalan itu, katakan kepada pemilik toko bahwa kamu mau menjualnya. Tanya lihat berapa harga nya…," pinta sang Ayah.

Si anak pergi tidak lama lalu kembali dan berkata, “pemilik toko jam itu bilang bahwa harga nya Cuma 5 Dolar, karena ini adalah arloji tua…"

Kemudian sang Ayah berkata, “sekarang coba kamu bawa arloji ini ke toko barang barang antik dan tanyakan harga nya…” ucap sang Ayah sambil meminta anaknya pergi ke toko lain.

Si anak pergi lalu kembali dan berkata, “Pemilik toko bilang , harga arloji ini mencapai 5000 Dollar...," ujarnya kepada sang Ayah.

Lalu sang Ayah berkata, "Sekarang coba bawa ke museum dan katakan ke mereka bahwa kamu mau menjual arloji tua ini.."

Si anak pun bergegas pergi lalu kembali dan berkata, "Mereka mendatangkan 'pakar' arloji untuk memperkirakan harga nya, lalu mereka menawarkan kepada ku 1.000.000 Dollar untuk arloji ini…” kata si Anak menceritakan dengan semangat kepada sang Ayah.

Kemudian sang Ayah berkata, “Nak, aku sedang mengajarkan mu bahwa kamu hanya akan dihargai dengan benar ketika kamu berada di lingkungan yang tepat, maka jangan pernah kamu tinggal di tempat yang salah lalu marah karena tidak ada yang menghargai mu…”

"Karena mereka yang mengetahui nilai mu, akan selalu menghargai mu. Maka jangan pernah bergaul di tempat yang tidak layak untuk mu...," pesan sang Ayah kepada anaknya.

Semoga manfa'at...

Tabik,
=================