Kelompok ISIS Klaim Ledakkan Bom di Pasar Filipina

 
Kelompok ISIS Klaim Ledakkan Bom di Pasar Filipina

LADUNI.ID, Pada hari Sabtu (7/9), dikabarkan terjadi ledakan di satu pasar di Filipina Selatan yang melukai tujuh orang, blok gerilyawan garis keras yang berafiliasi ke ISIS menyatakan bertanggung jawab atas ledakan itu. Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh kelompok ISIS pada Sabtu malam.

Insiden itu merupakan yang keempat kalinya terjadi di daerah tersebut dalam 13 bulan, kata militer Filipina.

Tentara Filipina juga mengatakan bahwa kelompok garis keras, yang beroperasi di Kota Isulan di Provinsi Sultan Kudarat, berada di antara pihak-pihak yang dijadikan tersangka.

Letusan bom tersebut terjadi saat Filipina Selatan dilanda ketegangan tinggi setelah tiga peristiwa dalam satu tahun belakangan ini, yang dikatakan pemerintah sebagai pengeboman bunuh diri oleh para gerilyawan yang memiliki hubungan dengan ISIS.

Sebuah Rekaman video memperlihatkan kejadian ledakan di satu tempat parkir sepeda motor.

Ada satu bom, yang diduga sebagai peledak rakitan, diletakkan di satu motor yang diparkir, kata Mayor Arvin Encinas, juru bicara militer regional, kepada para wartawan.

Mindanao menghadapi aksi penjahat dan gerilyawan bersenjata yang menguasai banyak wilayah tersebut --yang dirongrong kemiskinan dan ketidakstabilan.

Sumber : CNN Indonesia