Ziarah di Makam Syeikh Asnawi Pandeglang, Ulama Pejuang dari Pandeglang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Syeikh Asnawi Pandeglang, Ulama Pejuang dari Pandeglang

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syeikh Asnawi adalah Ulama kharismatik dan Mursyid tarekat Qodiriyyah Wa Naqsyabandiyyah, beliau merupakan seorang tokoh ulama yang paling berpengaruh dan paling kharismatik pada tahun 1920-an.

Tidak hanya mengajarkan agama, Syeikh Asnawi juga terkenal semangatnya yang menggebu dalam melawan penjajah. Beliau mengobarkan semangat pemuda untuk melawan dan menentang kolonialisme Belanda. Apalagi, saat itu seluruh wilayah Banten berhasil dikuasai penjajah. Bahkan, tak hanya mengobarkan semangat juang kemerdekaan lewat lisan, tapi juga aksi. Syeikh Asnawi juga dikenal memiliki ilmu bela diri yang sakti.

Profil

Syeikh Asnawi dilahirkan pada tahun 1850. Ayah beliau bernama Syeikh Abdurrahman, seorang alim ulama dan menjabat sebagai penghulu Landraat di jamannya. Ibu beliau bernama Ratu Sabi'ah juga seorang alim dan ahli ibadah. Beliau adalah wanita Sholehah yang semasa hidupnya dibaktikan untuk suami dan mengurus anak-anaknya serta diketahui beliau tak pernah meninggalkan tempat sembahyangnya.

Selain keturunan keluarga ulama, ayahanda beliau juga keturunan langsung dari Sultan Agung Mataram sedangkan ibunya memiliki keturunan dari Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Sebagaimana sudah diketahui bahwa Sultan Agung Mataram dan Sultan Maulana Hasanuddin Banten keduanya adalah merupakan Sultan atau Raja yang sangat gigih dalam menegakkan, menyebarluaskan serta membela agama Islam.

Guru-Guru Beliau

  1. Syeikh Abdurrahman
  2. Syeikh Hasabullah Al A'ma
  3. Syeikh Akhmad Khatib Assambasy
  4. Syeikh Abdul Karim Attanara
  5. Syeikh Nawawi al-Bantani.

Lokasi Makam

Syeikh Asnawi wafat pada tahun 1937, Beliau dimakamkan di dekat Masjid Salafiah, Caringin, Banten.

Haul

Haul Syech Asnawi Pandeglang diadakan setiap tahun sekali di Masjid Salafiah Caringin Banten. Haul beliau diperingati pada bulan Rabiuts Tsani untuk tanggal haul akan diberitahukan pihak keluarga besar Syech Asnawi Pandeglang.

 

Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Syeikh Asnawi Pandeglang banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Pandeglang saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman di Komplek Pemakaman Masjid Salafiah, Pandeglang, Banten.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Syeikh Asnawi Pandeglang, maka akan dimudahkan dalam hajatnya, dimudahkan dalam mencari rezeki, dimudahkan dalam mencari jodoh, dan dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah

Peninggalan

Peninggalan Syeikh Asnawi yang masih dapat dilihat dan dirasakan manfaatnya hingga hari ini adalah sebuah Masjid Agung Caringin dan Madrasah Masyarikul Anwar yang terletak di Kampung Caringin Kecamatan Labuan.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Banten di antaranya:
Kerupuk Ikan Pindang, Emping, Otak-Otak, Balok, Getas.Gipang, Rengginang, Kue Pasung, Jojorong