Wisata Religi dan Tawassul di Makam Al Habib Alwi Bin Ali Al Habsyi Solo

 
Wisata Religi dan Tawassul di Makam Al Habib Alwi Bin Ali Al Habsyi Solo

Sekilas Sejarah

Habib Anis bin Alwi al-Habsyi (lahir di Garut, Jawa Barat, 5 Mei 1928 – meninggal di Surakarta, Jawa Tengah, 6 November 2006 pada umur 78 tahun) adalah seorang ulama Indonesia yang dikenal di kalangan masyarakat kota Solo. Habib Anis lahir dari pasangan Habib Alwi dan Syarifah Khadijah. Ketika berumur 9 tahun, keluarganya pindah ke Solo. Setelah berpindah-pindah rumah di kota Solo, mereka menetap di Kampung Gurawan, Pasar Kliwon, Surakarta.

Dia dijuluki "The Smiling Habib" dikarenakan senyum selalu menghiasi wajah dia. Penghormatan terhadap tamu juga merupakan ciri khas dia. Habib Anis selalu menjamu tamu dengan keikhlasan dia.

Selain sebagai ustadz, Habib Anis muda pun pernah berdagang batik dan memiliki kios di Pasar Klewer, Solo, yang dijaga adiknya, Habib Ali. Namun, karena kegiatan di Masjid Ar-Riyadh (masjid tempat Habib Anis menggelar pengajian) semakin banyak, usaha perdagangan batik dihentikan. Habib Anis lebih fokus pada usaha pengembangan ajaran Islam sebagai seorang ulama.

 

Lokasi Makam

Komplek Makam Al Habib Alwi Bin Ali Al Habsyi ( Habib Anis ) berada di Jalan Kapten Mulyadi, Sudiroprajan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah