Begini Hukum Berdoa dan Shadaqah Atas Nama Mayit

 
Begini Hukum Berdoa dan Shadaqah Atas Nama Mayit

LADUNI.ID, Jakarta - Shadaqah atas nama mayit dan mendo'akan mayit bermanfaat bagi mayit. Maksudnya manfaat atas shadaqah atas nama mayit adalah mayit mendapat pahala dari shadaqoh tersebut.

Di antara hal-hal yang bermanfaat bagi mayit karena termasuk shadaqoh (pahalanya terus mengalir pada mayit) adalah seperti wakaf, membangun masjid, menggali sumur, menanam pohon yang kesemuanya adalah karya mayit ketika hidup atau karya orang lain yang diatasnamakan untuk mayit.

Untuk seorang anak disunatkan bershadaqah atas nama orang tuanya karena si anak dan orang tuannya mendapat pahala dari shadaqah tersebut.

Maksud dari doa manfaat untuk mayit adalah hasilnya isi dari do'a tersebut.

Ada hadits yang menjelaskan bahwa orang tua ditinggikan derajatnya di surga disebabkan istighfar anaknya untuk keduanya.

(وتنفع ميتا) من وارث وغيره (صدقة) عنه، ومنها وقف لمصحف وغيره، وبناء مسجد، وحفر بئر، وغرس شجر منه في حياته أو من غيره عنه بعد موته (ودعاء) له إجماعا.

وصح في الخبر أن الله تعالى يرفع درجة العبد في الجنة باستغفار ولده له وقوله تعالى: * (وأن ليس للانسان إلا ما سعى) * عام مخصوص بذلك، وقيل منسوخ.

ومعنى نفعه بالصدقة أنه يصير كأنه تصدق.

قال الشافعي - رضي الله عنه - وواسع فضل الله أن يثيب المتصدق أيضا.

ومن ثم قال أصحابنا: يسن له نية الصدقة عن أبويه مثلا، فإنه تعالى يثيبهما ولا ينقص من أجره شيئا.

ومعنى نفعه بالدعاء، حصول المدعو به له إذا استجيب، واستجابته محض فضل من الله تعالى.

فتح العين ج ٣ ص ٢٥٧

والله أعلم بالصّواب