Ziarah di Makam Syaikh Abu Hasan, Pembabat Hutan Kuningan Blitar

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Syaikh Abu Hasan, Pembabat Hutan Kuningan Blitar

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syaikh Abu Hasan adalah ulama kharismatik, beliau adalah pembabat alas wilayah Kuningan Biltar dan pendiri pesantren pertama di Blitar. Pesantren itu diberi nama pesantren Nurul Huda di desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Bltar, yang berdiri pada 1830 silam.

Profil

Syaikh Abu Hasan yang punya nama asli Raden Panji Seputro pertama kali datang di wilayah Blitar datang di Kelurahan Sumberdiren, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar.

Ahli sejarah menyebutkan, Syaikh Abu Hasan adalah putra guru agama alim dari Sleman. Separuhnya beliau gunakan untuk menuntut ilmu di Mamba'ul Oeloem, satu di antara Madrasah Diniyah milik Keraton Ngayogyakarta pasca perjanjian Gianti 1775.

Lokasi Makam

Syaikh Abu Hasan wafat pada 1899 dengan usia 109 tahun. Makam Syaikh Abu Hasan Blitar di Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar

Haul

Haul Akbar Syaikh Abu Hasan, yang digelar setiap 11 Muharram, dengan jamaah yang berasal dari Blitar, Malang, Jombang, hingga Yogyakarta. Haul beliau diperingati di pesantren Nurul Huda Kuningan, Blitar.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

 

Fadilah

Makam Syaikh Abu Hasan banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Blitar saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek Pemakaman Pesantren Nurul Huda, Kuningan, Blitar

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam  Syaikh Abu Hasan, dibukakan hatinya dan akal pikirannya dalam menerima ilmu, dimudahkan dalam kederajatan, dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah

Peninggalan

Pondok Pesantren Nurul Huda Kuningan Blitar:
Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Huda didirikan Syaikh Abu Hasan. Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Huda terletak di Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Masyarakat setempat percaya itu adalah Pondok Pesantren tertua di Blitar. Pondok pesantren yang dilengkapi masjid itu dipercaya merupakan titik awal penyebaran Islam di Blitar.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Blitar di antaranya:
Geti, Opak Gambir, Sagon, Wajik Kletik, Dodol Belimbing, Peyek Uceng, Sambal Pecel