Presiden Habibi Beri Kenang-kenangan Pesantren Tebuireng Jombang

Presiden Habibi Beri Kenang-kenangan Pesantren Tebuireng Jombang

LADUNI.ID, Presiden Ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9), pada pukul 18.05 WIB. Habibie meninggal di usia 83 tahun.

Segenap keluarga besar Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim), berduka dengan wafatnya Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie. Hal yang mengesankan dari sikap Habibie yakni kebaikan hatinya.

Ustadz Slamet Habib, Wakil Kepala Pondok Putra Pesantren Tebuireng Jombang mengatakan, bahwa dia masih teringat dengan sikap serta kebaikan hati Presiden Ke-3 tersebut. Habibie waktu itu ikut menyumbang dana guna pendirian Masjid Ulil Albab di area pesantren.

"Ya benar, dulu yang sumbang masjid Ulil Albab, yang bangun BJ. Habibie di zaman pengasuh KH. Yusuf Hasyim," kata Ustadz Slamet kepada wartawan, pada Rabu (11/9) malam.

Wakil Kepala Pondok Putra Pesantren Tebuireng juga mengatakan, bagi Pesantren Tebuireng Jombang, kenang-kenangan yang sangat berharga dari Habibie tersebut tidak bisa terlupakan. Masjid yang dibangun di dekat SMP A Wahid Hasyim Tebuireng, Jombang itu sangat bermanfaat, bahkan aktivitas santri banyak dilakukukan di tempat tersebut.

Masjid Ulul Albab atau yang biasa masyarakat sekitar menyebutnya dengan Masjid MU (baca: Emyu), itu dibangun saat Habibie masih menjabat sebagai Presiden RI. Bantuan itu juga sebagai hadiah untuk 100 tahun Pesantren Tebuireng, Jombang. Dirinya bahkan saat itu ikut mengurus prosesnya.

"Saya agak lupa (ceritanya). Beliau pakai helikopter mendarat di lapangan depan Unhasy (Universitas Hasyim Asy’ari Jombang). Itu sekitar tahun 1999," kata dia.

Pada waktu itu, lanjutnya, Kiai Yusuf Hasyim ingin sekali membangun gedung pertemuan, tetapi BJ Habibie bersedia membangunkan masjid, sehingga pembangunan masjid Ulil Albab berlangsung.

"Kedatangan beliau sekalian meresmikan SMP A Wahid Hasyim, acaranya juga di situ. Pokoknya setelah acara harlah 100 tahun Tebuireng pada tahun 1999," kata dia.