Sosialisasi Data Penginderaan Jauh di Diskominfo Jateng, LAPAN Perkenalkan Aplikasi SPACeMAP

Sosialisasi Data Penginderaan Jauh di Diskominfo Jateng, LAPAN Perkenalkan Aplikasi SPACeMAP

(Foto: Penandatanganan berita acara serah terima akun SPACeMAP dan Peta Citra Satelit, Lapan dan Diskominfo)

LADUNI.ID, Semarang - Pusat Teknologi dan Data (Pustekdata) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar sosialisasi pemanfaatan citra satelit penginderaan jauh untuk penyediaan dan pemanfaatan data.

Kepala Pustekdata, Dedi Irawadi mengatakan, pemanfaatan citra satelit penginderaan jauh dapat digunakan sebagai pemetaan ketahanan pangan.

"Data penginderaan jauh di Pustekdata Lapan dan pemanfaatan citra satelit penginderaan jauh bisa dimanfaatkan pada sektor sumber daya alam. Misal fase padi dan deforestasi," kata Dedi dalam paparan sosialisasi, di Kantor Diskominfo, Jl Menteri Supeno, Semarang, Jateng, Kamis (12/9/19).

Menurut Dedi, pemanfaatan data penginderaan jauh Lapan tak hanya untuk pemetaan sumber daya alam. Data penginderaan jauh, kata Dedi, juga dapat digunakan untuk menunjang pembangunan nasional.

"Kemaritiman, kewilayahan seperti rt, rw, dan rencana detail tata ruang (RDTR)," terang Dedi.

Lebih lanjut, Dedi juga menyebutkan pemanfaatan data tersebut dapat dimanfaatkan dalam pertahanan keamanan, dan mitigasi bencana.

Selain itu, Dedi juga memperkenalkan aplikasi SPACeMAP Pustekdata Lapan. Yakni Sistem Penyajian Data Penginderaan Jauh yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer.

"Platform atau portal pada SPACeMAP bisa dibuat per provinsi," ucapnya.

Dedi berharap, Diskominfo Jateng dapat menjembatani pemanfaatan data penginderaan jauh ke dinas-dinas di wilayah Provinsi Jateng

Sementara, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Diskominfo Jateng, Ahmad Sayifillah menyampaikan, bahwa pertemuan ini sebagai awal pembukaan pengenalan pemanfaatan data penginderaan jauh.

Dia pun berharap hal tersebut dapat dilanjutkan dengan menjalin kerjasama antara Lapan dan pemerintah Provinsi Jateng.

"Diharapkan kedepannya dapat menjalin lagi kerjasama yang sudah sempat dituangkan dalam MoU dengan Gubernur Jateng," kata Ahmad, mewakili Kepala Dinas Diskominfo.

"Kerjasama dibagian penyediaan data, bimbingan teknis, maupun pembuatan pilot project untuk perhitungan luas daerah penghasil komoditi tertentu misal lahan sawah, cabe, bawang, dan lain-lain," terang dia menambahkan.

Sosialisasi di akhiri dengan penyerahan aplikasi SPACeMAP dan Peta Citra Satelit Lapan ke Diskominfo Jateng. (*)