Dekan Harap PPL FUAD IAIN Pontianak 2019 Hasilkan Mahasiswa Berkualitas.

Dekan Harap PPL FUAD IAIN Pontianak 2019 Hasilkan Mahasiswa Berkualitas.

LADUNI.ID, PONTIANAK - Ratusan mahasiswa semester  7 Fakultas Ushuluddin, Adab,  dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mengikuti kegiatan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2019) yang diselenggarakan oleh fakultas, Kamis, 12/9 pagi bertempat di Aula Gedung Syekh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak.

Peserta yang mengikuti pembekalan PPL 2019 kali ini terdiri dari mahasiswa FUAD yang tersebar di lima prodi antara lain: KPI sebanyak  92 orang, BKI sebanyak 40 orang,  MD sebanyak  46 orang,  IAT sebanyak  35 orang, serta  SAA sebanyak  13 orng.

Kegiatan pembekalan PPL ini dilaksanakan sebelum mahasiswa melaksanakan kegiatan PPL yang dijadwalkan berlangsung antara tanggal 16 September sampai dengan 25 Oktober 2019.  Dengan mengikuti pembekalan PPL ini, diharapkan mahasiswa bisa melaksanakan kegiatan PPL dengan lancar dan sukses.

Dr. Ismail Ruslan selaku Dekan FUAD IAIN Pontianak dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya acara pembekalan PPL tersebut untuk menjaga nama baik kampus. Ia  mengharapkan, seluruh mahasiswa mengikuti dan memperhatikan apa-apa yang disampaikan oleh pemateri sebagai bekal yang sangat berguna selama mengikuti kegiatan PPL 2019 nanti.

Ia juga berpesan  agar seluruh mahasiswa mengikuti kegiatan PPL dengan  bersungguh-sungguh, disiplin, menjaga etika dan sopan santun serta  menjaga nama baik fakultas.

“Dari Praktik Pengalaman Lapangan ini (PPL) agar bisa menjadi media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi yang sesuai dengan jurusan dan setiap Prodi bertanggung jawab menjadikan mahasiswa yang  berkualitas. “ ujarnya.

Acara pembekalan PPL 2019  dibuka langsung oleh Dr. Firdaus Achmad M.Hum selaku Wakil Rektor I IAIN Pontianak.

Dalam Sambutannya, ia menyampaikan bahwa PPL 2019 FUAD IAIN Pontianak merupakan bagian penting dari proses akhir mahasiswa meraih kesarjanaannya,

“Praktik ini penting untuk melatih dan membiasakan mahasiswa agar memiliki skill sesuai program studi yang ditekuninya, sesungguhnya 40 hari di lapangan sangatlah singkat sehingga perlu dimaksimalkan oleh mahasiswa.” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi FUAD IAIN Pontianak mampu mengirim mahasiswa Prodi IAT untuk PPL ke Pusat Studi Al-Qur’an Jakarta yang didirikan ulama terkrmuka Ptof. Quraish Shihab.

Lokasi penempatan Mahasiswa PPL kali ini dibagi ke dalam 54 lembaga yang tersertifikasi dengan rincian  Prodi KPI ditempatkan di 21 lokasi yang berada di Kota Pontianak, Kubu Raya,  serta Mempawah, Prodi BKI ditempatkan di 13 lokasi yang berada di Kota Pontianak dan Kubu Raya,  Prodi MD ditempatkan di 12 lokasi yang berada di Kota Pontianak dan Kubu Raya, Prodi IAT ditempatkan di 5 lokasi yang berada di Kota Pontianak, Kubu Raya dan PSQ Jakarta,  dan untuk Prodi SAA yang di tempatkan di 3 lokasi yaitu di Kota Pontianak. (Sri Purwati/Didi)