Wisata dan Ziarah di Makam Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik

Wisata dan Ziarah di Makam Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik

Sepintas Sejarah

Nama asli Kanjeng Sepuh adalah Raden Adipati Soeryadiningrat. Beliau adalah salah satu bupati di Kabupaten Sidayu. Kanjeng Sepuh tersohor lantaran beliau adalah seorang ulama. Disamping itu beliau juga memiliki leadership yang tinggi. Ketulusannya untuk selalu memihak pada yang lemah, dan selalu dekat dengan rakyat kecil itulah yang membuat Kanjeng Sepuh sangat dicintai rakyatnya.

Sebutan ini tidak saja disebabkan kesaktian dan semangat keberanian, kepahlawanan sebagai seorang bupati kepada pemerintah Belanda saja, akan tetapi juga karena alim dan waro’nya, serta jujur dan ikhlashnya, terutama beliau adalah termasuk satu-satunya tokoh ulama’ islam yang sangat aktif memperjuangkan agama islam diseluruh kabupaten Sidayu.

Beberapa peninggalan beliau yang sampai kini masih sangat terasa manfaatnya pada masyarakat dalam daerah wilayah kabupaten Sidayu adalah sebuah telaga yang terkenal dengan “TELOGO RAMBIT”. Telaga ini airnya tidak pernah berubah, tetapi jernih dan segar sekalipun dimasuki oleh air bah (banjir) yang biasanya sangat keruh itu. Sedang rasanya pun sedikit manis dan dingin.

Peninggalan yang kedua ialah SUMUR DAHAR yang berada di desa Golokan Sidayu, pun airnya jernih, manis dan dingin serta segar rasanya, tetapi kini tampak tidak terawat.

Di Desa Lowayu ada juga peninggalaan Kanjeng Sepuh yang di beri nama “Kali Sumpet”, konon Kanjeng Sepuhlah yang mempunyai gagasan untuk menyumpet (membendung) sungai itu agar Desa Lowayu tidak kekurangan air pada waktu musim kemarau.
 

Lokasi Wisata Ziarah

Makam Kanjeng Sepuh Sidayu terletak di Desa Kauman Kecamatan Sidayu yang berjarak ± 28 km dari Kota Gresik melalui jalur pantura Gresik – Tuban. Makam Kanjeng Sepuh Sidayu berada di belakang masjid jami’ Sidayu. Makam tersebut berada dalam kompleks pemakaman para Bupati Sidayu yang lainnya dan para keluarga besarnya.
 

 

yang Sudah Mengunjungi Wisata dan Ziarah di Makam Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik