Diabetes, apakah Termasuk Penyakit?

 
Diabetes, apakah Termasuk Penyakit?

LADUNI.ID, Jakarta - Diabetes adalah keadaan dimana kadar gula tinggi karena produksi insulin pankreas berkurang jumlah atau fungsinya. Keadaan ini merupakan gejala penuaan normal pada tiap manusia dan pada kelompok resiko tertentu akan lebih tinggi. Keadaan ini berlangsung pelan sesuai penuaan tubuh sehingga pada umumnya orang tidak merasa gejala atau perubahan menonjol.

Gula yang naik dan turun tidak selalu memunculkan gejala yang terasa kecuali yang extrim. Gejala muncul ketika gula bersama zat lain menutup pembuluh darah sehingga organ tersebut terganggu fungsinya diantaranya mata, saraf dan aliran darah tepi kaki tangan (gringgingen, luka sulit sembuh, impotensi, parestesi).

Banyak orang takut terhadap diabetes ini sehingga muncul sikap denial (menganggap diri tidak diabetes, atau yakin dengan hal tertentu sehingga diabetesnya hilang) ini sungguh keliru dan kasihan.

Diabetes bukan penyakit tapi keadaan dimana insulin turun produksi. Bila produksi insulin dikuatkan sehingga kadar gula normal, maka orang tersebut bisa hidup normal tanpa efek diabetes.

Tingkat diabetes tergantung dari ringan hingga berat. Dokter di dunia sepakat bahwa disebut diabetes bila kadar lebih tinggi 120 satuan unit. Satuan ini disepakati dengan dasar resiko epidemiologik pada kurun waktu tertentu. maksudnya, misal orang dengan kadar rerata 120, dalam 10 tahun tidak ada resiko retinopathy, neuropathy.

Pada kadar 130, maka pada 20% populasi akan alami retinopati
Pada kadar 150 mk 30 % populasi alami retinopati. makin tinggi kadar rerata resiko makin tinggi.

Walau begitu, resiko tiap orang bisa beda, walau pada umumnya sama.

oleh: Dr.dr.Budi Laksono, MHSc
Pusat Kajian Promosi Pelayanan Kesehatan Masyarakat YWBS.