Lintas Ziarah dan Berdoa di Makam Pangeran Benowo Jombang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Lintas Ziarah dan Berdoa di Makam Pangeran Benowo Jombang

Lintas Sejarah

Pangeran Benowo atau Sayyid Abdul Halim adalah Bupati wilayah Madiun. Setelah masa kepemimpinannya selesai, beliau melalui pengembaraan dari Madiun menuju Kediri, hingga akhirnya tiba di desa Wonomerto, kecamatan Wonosalam, kabupaten Jombang. Di desa Wonomerto inilah beliau banyak melakukan interaksi dengan masyarakat setempat sampai akhir hayatnya dan dimakamkan disitu. Semasa hidupnya, Pangeran Benowo beserta anak buahnya membangun desa yang maju di Wonomerto.

Bahkan pada waktu itu orang-orang menaruh hormat kepada Pangeran Benowo karena kecakapannya dalam menata Pemerintahan desa dan membangunnya dengan aneka kegiatan yang bermanfaat. Pembangunan saluran irigasi, perkebunan rakyat, cara beternak sapi dan beberapa kemampuan dasar lainnya diajarkan kepada rakyat setempat. 
 
Tak mengherankan jika makam Pangeran Benowo di Wonomerto dijaga dengan baik oleh masyarakat sampai sekarang. Bahkan dalam perlombaan bersejarah yang secara rutin dilaksanakan Pemda Jombang, desa Wonomerto berhasil menjadi juara penghargaan Makam Pangeran Benowo.

 


Lokasi Makam

komplek Makam Pangeran Benowo Jombang di Desa Wonomerto, Wonosalam, Jombang