AS Percepat Pengiriman Peralatan Militer ke Arab Saudi

AS Percepat Pengiriman Peralatan Militer ke Arab Saudi

LADUNI.ID, Jakarta - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper mengatakan akan mempercepat pengiriman peralatan militer berupa senjata ke Arab Saudi. Hal ini terkait dengan proses pembelian sejumlah senjata canggih yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi kepada perusahaan swasta di AS.

“Mempercepat pengiriman peralatan militer kepada Kerajaan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab untuk meningkatkan kemampuan mereka mempertahan diri mereka,” kata Esper, seperti dilansir dari laman tempo.co, Sabtu (21/9).

Pengiriman senjata tersebut dilakukan pasca terjadinya serangan drone dan rudal dari arah Iran, yang menyasar sejumlah kilang minyak di Khurais dan Abqaiq, yang berada di Saudi timur.

Meski demikian, waktu itu, Iran membantah terlibat dalam serangan ini. Sedangkan kelompok Houthi, yang didukung Iran, mengaku bertanggung jawab.

Dilansir dari media Reuters, terdapat beberapa senjata canggih yang dipesan dan dimaksudkan untuk memperkuat sistem pertahanan Arab Saudi. Senjata-senjata itu adalah sebagai berikut.

1. Rudal Paveway IV Presisi

Ini merupakan rudal pintar karena memiliki sejumlah sensor canggih untuk mengejar dan menghancurkan sasarannya dari udara ke darat.

Rudal ini memiliki sistm GPS untuk pemandu, yang bisa beroperasi dalam semua cuaca atau all weather capability. Sistem GPS ini juga disebut anti-jam atau tidak bisa disabotase dengan sinyal.

Rudal buatan Raytheon UK ini dirancang untuk dipasang pada jet tempur Tornado GR$, Typhoon dan JSF seperti dilansir globalsecurity.org. Senjata canggih ini untuk melengkapi sistem pertahanan rudal Arab Saudi.

2. Rudal anti-tank Javelin

Rudal yang bisa dibawa di pundak ini merupakan senjata canggih anti-tank buatan manufaktur senjata Raytheon dan Lockheed Martin. Peluncur rudal ini bisa dipasang di kendaraan beroda ataupun kendaraan amfibi.

Rudal ini bisa mengenai target secara presisi. Peluncur bisa dioperasikan dalam waktu singkat yaitu hanya 30 detik saja. Dan pengisian ulang bisa dilakukan dalam 20 detik.

Rudal ini tidak menggunakan panduan laser sehingga rudal akan mencari target yang sudah dikunci secara otonom. Ini membuat penembak bisa dengan leluasa mengisi ulang senjatanya.

Rudal ini juga bisa disetting agar menyasar bunker, gedung, dan helikopter.

3. Je Tempur F-15 EX

Perusahaan manufaktur senjata canggih Boeing merilis video terbaru pesawat jet tempur F-15EX Advanced Eagle. Jet tempur ini dilengkapi dengan komputer tercanggih, kontrol fly by wre, dan teknologi radar tercanggih. Pesawat ini disebut memiliki daya angkut, kapasitas dan jangkauan jarak tempuh melebihi jet tempur lain di kelasnya.

Jet ini juga mampu membawa berbagai senjata rudal berbagai keperluan seperti serangan udara ke udara, udara ke darat, dan udara ke laut. “Jet tempur ini mampu melawan berbagai target pada saat bersamaan,” terangnya.

(Sumber: tempo)