Wisata Rohani dan berdoa di Makam Tuanku Imam Bonjol Minahasa

Wisata Rohani dan berdoa di Makam Tuanku Imam Bonjol Minahasa

Sepintas Sejarah

Tuanku Imam Bonjol adalah salah seorang ulama, pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda dalam peperangan yang dikenal dengan nama Perang Padri pada tahun 1803-1838.

Nama asli dari Tuanku Imam Bonjol adalah Muhammad Shahab, yang lahir di Bonjol pada 1 Januari 1772. Dia merupakan putra dari pasangan Bayanuddin Shahab (ayah) dan Hamatun (ibu). Ayahnya, Khatib Bayanuddin Shahab, merupakan seorang alim ulama yang berasal dari Sungai Rimbang, Suliki, Lima Puluh Kota.

Sebagai ulama dan pemimpin masyarakat setempat, Muhammad Shahab memperoleh beberapa gelar, yaitu Peto Syarif, Malin Basa, dan Tuanku Imam. Tuanku nan Renceh dari Kamang, Agam sebagai salah seorang pemimpin dari Harimau nan Salapan adalah yang menunjuknya sebagai Imam (pemimpin) bagi kaum Padri di Bonjol. Ia akhirnya lebih dikenal dengan sebutan Tuanku Imam Bonjol.

 


Lokasi Makam

Makam Tuanku Imam Bonjol berada di Desa Lotta Kecamatan Pineleng, Minahasa, Sulawesi Utara. Dari Manado, perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar setengah jam dengan jarak tempuh 9 Km dari pusat Kota.

 

yang Sudah Mengunjungi Wisata Rohani dan berdoa di Makam Tuanku Imam Bonjol Minahasa