Wisata Rohani dan Berdo'a di Makam KH.Ali Mas'ud Sidoarjo

Wisata Rohani dan Berdo'a di Makam KH.Ali Mas'ud Sidoarjo

Sekilas Biografi

Salah satu Waliyullah yang berada di wilayah Pagerwojo Sidoarjo. KH. Ali Mas'ud atau biasa dipanggil Mbah 'ud sangat populer oleh warga Sidoarjo dan Gresik Utara Khususnya daerah Bungah, Manyar, Sidayu.

KH. Ali Mas’ud atau biasa yang dipanggil mbah Ali Mas’ud atau biasa juga dipanggil gus Ud atau biasa juga dikenal dengan mbah Ud merupakan seorang tokoh agama yang memiliki jasa sangat besar dalam membantu masyarakat yang mengalami masalah atau problem kehidupan.

Pada umumnya, masalah persoalan yang terjadi di kehidupan sehari-hari seperti masalah ekonomi, masalah pribadi, usaha, dan lain sebagainya. Ali Mas’ud dikenal masyarakat karena kelebihan yang beliau miliki yang tidak dimiliki oleh manusia biasa pada umumnya yaitu kelebihan yang diberikan Allah SWT. Beliau sering kali diminta bantuan doa oleh masyarakat untuk mengatasi problem kehidupan.

Kegemaran Mbah Ud adalah seni hadrah atau yang biasa dikenal dengan banjari. Beliau suka berkumpul dengan orang-orang atau masyarakat
yang membawa nilai kebaikan dan ibadah kepada Allah SWT serta yang membawa manfaat di dunia mapun di akhirat. Seperti seni hadrah, acara haul, pengajian agama dan lain sebagainya.

Nama Ali Mas’ud pada awalnya adalah Mas’ud saja. Nama Ali di depan nama Mas’ud adalah nama yang ditambahkan setelah beliau menunaikan rukun Islam yang ke lima yakni haji. Sejak itulah nama beliau menjadi KH. Ali Mas’ud.

KH. Ali Mas’ud dilahirkan di Pondok Pesantren Sono desamSidokerto kecamatan Buduran Sidoarjo. Tanggal dan tahun kelahiran beliau tidak di ketahui secara pasti. Diperkirakan lahir sekitar tahun 1903.

Beliau putra kedua dari tiga bersaudara yang terlahir dari pasangan Kiai. Sa’id dan Nyai Hj. Fatimah. Ayahnya berasal dari Desa Sono kecamatan Buduran Sidoarjo. Ayahnya sebagai pengasuh Pondok Pesantren Sono Sidokerto Kecamatan Buduran Sidoarjo. Sedangkan ibunya berasal dari daerah Kedung cangkring Sidoarjo.

Ali Mas’ud masih memiliki keturunan dengan Sunan Syarif Hidayatullah jika di lihat dari garis keturunan beliau.

Beliau meninggal di Daleman Sidoarjo pada hari selasa pahing tanggal 10 Juni 1980 yang bertepatan dengan tanggal 26 Rajab 1401 H dan
dimakamkan pada hari Rabu Pon pada tanggal 11 Juni 1980 yang bertepatan dengan tanggal 27 Rajab 1401 H di pemakaman umum Desa
Pagerwojo Sidoarjo.
 

Lokasi Makam

Makam Mbah Ud berada di di pemakaman umum Desa Pagerwojo, Sidoarjo. Jl. H Ali Mas'ud No.20, RT./9/RW./3, Prapatan, Pagerwojo, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo

 

yang Sudah Mengunjungi Wisata Rohani dan Berdo'a di Makam KH.Ali Mas'ud Sidoarjo