Jagoan Tidak Lolos Cakades, Warga Demo DPRD Sumenep

Jagoan Tidak Lolos Cakades, Warga Demo DPRD Sumenep

LADUNI.ID, Sumenep - Akibat salah satu calon kepala desa tidak lolos seleksi administrasi, Ratusan warga Desa Juruan Laok, Kecamatan Batu Putih melakukan aksi demonstrasi ke Gedung DPRD dan Kantor Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (08/10/2019)

Dalam aksinya, mereka menuntut panitia pemilihan kepala desa agar bersikap adil. Termasuk juga,  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep sebagai leading sektor.

Dalam rilis yang diterima wartawan, Panitia dinilai tidak fair merujuk pada pasal 35 ayat 2 huruf a tentanv tata cara bobot penilaian seleksi tambahan, disebutkan bahwa jika bakal calon lebih dari lima orang harus dilakukan penilaian, dengan mengikuti tes.

Namun, salah satu calon NOER MAHENNY diberi skor 0. Padahal mempunyai pengalaman kerja di Kementerian PU sebagai SK terlampir. "Itu keputusan tidak fair dari panitia yang bertentangan dengan  aturan yang ada dan menciderai nilai demokrasi," kata korlap aksi Edy saat orasi.

Warga meminta atas nama Masyarakat Desa Juruan, kecamatan Batuputih.

I. Mengkaji dan mempertimbangkan hasil keputusan penetapan 5 Bakal calon tetap Kepala Desa Juruan Laok Kecamatan Batuputih Kab. Sumenep

2. Mempertimbangkan kembali Bakal Calon NOER MAHENNY, yg memberikan skor o yang sudah mempunyai pengalaman di Kementrian PEKERJAAN UMUM sebagaimana SK terlampir , karena hal tersebut merupakan keputusan yang tidak fer dan bertentangan dengan aturan yang ada, termasuk mencedrai nilai demokrasi yang kita bangun

3. Pemerintah Kabupaten Sumenep agar supaya mengambil sikap yang tegas, serta meninjau kembali kereteria penilaian atau skor yang objektif terhadap Pengalaman setiap Bakal Calon dengan Indikator disemua lembaga negara atau Kementrian.

4. Kami tetap bertahan sampai pemerintah memberikan keputusan dan kepatastian TERHADAP APA YANG MENJADI TUNTUTAN KAMI terutama Keputusan yang tidak mendasar dan melukai nilai demokrasi terutama  terhadap Bakal Calon NOER MAHENNY sebagai BAKAL CALON Keapala Desa Juruan Laok Kecamatan Batuputih Kabupaten Sumenep. (*)