Ini Wali Kota Berjilbab Pertama di Eropa

Ini Wali Kota Berjilbab Pertama di Eropa

LADUNI.ID, Jakarta - Negara-negara di Benua Eropa, menurut pandangan luar negara tersebut, adalah penduduk dengan mayoritas menganut agama non-Islam. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada wali kota di salah satu negara di Eropa yang menggunakan jilbab?

Adalah Amra Babic, yang pernah terpilih sebagai wali kota di Kota Visoko, Bosnia. Amra Babic adalah seorang perempuan berjilbab, menjadi pemimpin mereka. Babic menjadi perempuan berjilbab pertama yang menjadi wali kota di Bosnia dan Eropa.

"Ini adalah kemenangan demokrasi. Warga kota menunjukkan kedewasaan mereka karena memilih saya yang tak hanya seorang perempuan, tetapi perempuan yang mengenakan jilbab," terang Amra Babic.

Pemilihan tersebut, lanjut Babic, dapat menjadi model untuk Eropa khususnya bagi Bosnia, di mana budaya Barat dan Timur bertemu di negeri tersebut. Babic (43) meraup 30 persen suara dalam pemilihan di kota kecil berpenduduk 40.000 orang itu.

"Ajaran Islam terhadap perempuan sangat jelas. Islam memberikan tempat bagi perempuan dalam sistem pelayanan publik dan bagi mereka yang menafsirkannya dengan benar bahwa seperti itulah perempuan di mata Islam," tutur Babic.

Babic yang merupakan perempuan dari Partai Aksi Demokratik (SDA), partai Muslim terbesar di Bosnia yakin bahwa perempuan seperti dirinya tetap memiliki tempat di antara negara-negara Eropa modern.

"Saya yakin jilbab saya tidak akan menjadi penghalang. Eropa akan memahami bahwa jilbab terkait identitas seseorang yang juga memiliki toleransi terhadap hak orang lain," paparnya.