Manfaat Membaca Do'a Qunut

Manfaat Membaca Do'a Qunut

LADUNI.ID, Seseorang yang mengaku sebagai Muslim pasti tidak pernah luput menjalankan ibadah Shalat Subuh, baik sendiri ataupun berjamaah, baik laki-laki maupun perempuan, semua diwajibkan melaksanakan Shalat Subuh.

Ada sebuah anjuran ketika melaksanakan Shalat Subuh, yaitu membaca do'a qunut, do'a yang dibaca setelah ruku' pada rakaat kedua Shalat Subuh.

Manakala seorang imam yang membaca doa qunut, maka tinggal mengganti akhiran nii (نِي) yang artinya aku menjadi naa ( نَا ) , yang artinya kami (imam dan makmum).

Jika kita melihat dari arti doa qunut di atas, tentu saja manfaat dari membaca doa qunut ini sangatlah banyak, karena mengandung berbagai macam hal yang positif yang menyangkut diri kita, orang-orang di sekitar kita, bahkan sampai pada nabi kita Muhammad saw.

Manfaat – manfaat tersebut adalah:

  1. Permohonan agar tetap diberikan petunjuk oleh-Nya.
  2. Permohonan agar tetap diberikan kesehatan yang bisa digunakan untuk nilai-nilai kebaikan.
  3. Agar senantiasa diberikan sesuatu yang penuh barokah dari-Nya.
  4. Agar senantiasa tetap dalam perlindungan Allah dari segala mara bahaya yang mengancam dirinya.
  5. Permohonan agar senantiasa diberikan ampunan oleh-Nya.
  6. Tetap percaya dan yakin bahwa semua keputusan ada dalam genggaman-Nya, sebagai manusia kita hanyalah bisa berusaha.
  7. Permohonan agar rahmat, berkah dan salam tetap tercurahkan kepada baginda Nabi Muhammad saw. beserta para keluarga dan sahabat-sahabatnya. serta manfaat-manfaat lainnya.

Semoga dengan penjelasan yang singkat mengenai doa qunut di atas bisa menambah wawasan keagamaan kita semuanya dan bisa membuat diri kita untuk tetap semangat dalam berdoa, taat dalam beribadah dan gigih dalam bekerja.