Wisata Rohani dan Bertawassul di Makam KH Thoha Mu'id Kediri

Wisata Rohani dan Bertawassul di Makam KH Thoha Mu'id Kediri

Sepintas Biografi

KH Thoha Mu'id adalah kyai ahli ilmu hadits yang mumpuni selain itu beliau pendiri dan pengasuh pesantren Al Islah, Kediri.

KH. Thoha Mu’id dilahirkan pada tangga 04 Agustus 1924.di desa Bandarkidul, Mojoroto, Kota Kediri. Beliau dilahirkan dalam lingkungan dan keluarga yang kental dengan tata kehidupan yang religius. Adalah desa Bandarkidul yang merupakan lingkungan yang dipenuhi dengan gaya kehidupan pesantren, ini menjadikan beliau seorang yang taat terhadap agama.
 
Pada masa kecil beliau pendidikan agama diperoleh dari sang ayah dan saudara-saudaranya dalam sebuah madrasah yang dikelola oleh Kyai M. Yusuf Mu’id, yang merupakan kakak kandung beliau sendiri.
 
Pada masa remaja Thoha Mu'id muda pernah mondok di pesantren Mojosari cukup lama 13 tahun (1940-1953) dibawah asuhan KH Zainuddin.
Atas restu KH. Zainuddin, beliau menikah dengan Siti Asiyah, seorang santri dari Pondok Pesantren Mojosari asal Kresek-Madiun. 

Setelah menikah, KH Thoha Mu'id dengan berat hati meninggalkan pesantren Mojosari dan kembali ke desanya Bandarkidul, medirikan dan mengasuh pesantren Al Islah yang beliau dirikan pada tanggal 17 Oktober 1954.

Semenjak berdirinya Pesantren Al Ishlah yaitu pada tahun 1954, hingga tahun 1966 pembelajaran Pondok Al-Ishlah dilakukan dengan sistem wethonan dan sorogan, tetapi setelah Pondok Lirboyo mendirikan Institut Tribakti pada tahun 1966 mengalirlah pelajar-pelajar tamatan Pondok besar seperti Ploso, Jampes dan Bendo, untuk mengikuti kuliah di Tribakti dengan mukim di Al-Ishlah, di samping juga ada yang kuliah di STAIN/IAIN Kediri ataupun sekolah tinggi yang sederajat.

Hal ini membawa dampak positif dari perubahan lingkungan Pondok Pesantren Al-Ishlah yang semula bercorak tradisional/salafi menjadi terpengaruh sistem semi modern atau komprehensif. Dengan potensi yang cukup dan terdidik serta terampil untuk mengajar, maka pengurus Al-Ishlah menganggap perlu untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan yang bersifat klasikal, agar santri lebih bebas untuk belajar.

KH Thoha Mu’id, pendiri sekaligus pengasuh pondok Pesantren Al-Ishlah Bandarkidul wafat pada usia 89 tahun pada Rabu Paing, 20 April 2011 / 10 Jumadil Ula 1432 H  pada pukul 13.00 WIB.  Banyak

Lokasi Makam

Makam KH Thoha Mu'id berada di kawasan makam keluarga di Pesantren Al Islah Bandarkidul, Kediri

 

yang Sudah Mengunjungi Wisata Rohani dan Bertawassul di Makam KH Thoha Mu'id Kediri