Ijazah KH. Cholil Bisri tentang Fadhilah Anak Yatim

 
Ijazah KH. Cholil Bisri tentang Fadhilah Anak Yatim
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam banyak riwayat santri Rembang, KH. Cholil Bisri tidak jarang memberikan ijazah untuk diamalkan. Salah satu riwayat yang paling kuat adalah dari Gus Yahya. Dalam sebuah kesempatan, saat mengisi pengajian hari Selasa, beliau pernah menyampaikan satu ijazah penting dari ayahnya, KH. Cholil Bisri. Ijazah ini terkait dengan peran anak yatim yang memiliki fadhilah cukup besar dalam membantu melancarkan satu hajat besar yang sepertinya sulit terlaksana.

Namun demikian, ijazah ini sepertinya cukup membutuhkan biaya. Karena itu, biasanya yang bisa mengamalkannya adalah orang yang lumayan berpunya.

Menurut Gus Yahya, sebagaimana ayahnya menjelaskan, bahwa jika memiliki hajat atau keinginan yang penting dan besar sekali yang kelihatannya tidak mampu dilaksanakan, maka ijazah ini perlu untuk dipraktikkan.

KH. Cholil Bisri pernah mengatakan bahwa kalau kita mempunyai hajat atau kebutuhan yang besar dan penting sekali, tetapi sulit untuk diwujudkan, maka carilah 41 anak yatim. Semuanya dikumpulkan dan kemudian dibahagiakan selama sehari, dari pagi sampai sore. Setelah itu, kalau mereka hatinya sudah senang, maka selanjutnya kita berdoa dan meminta mereka, anak-anak yatim itu untuk mengamini doa kita.

Atas kehendak Allah SWT, insya Allah doa kita akan dikabulkan dan hajat penting kita akan terlaksana dengan baik.

Demikianlah ijazah dari KH Cholil Bisri tentang fadhilah anak yatim. Semoga ijazah ini dapat bermanfaat dan memberikan keberkahan bagi yang melaksanakannya. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 19 Oktober 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim