Makna Kalung Janur Kuning Siswa SMP dalam Upacara Peringatan HSN 2019

Makna Kalung Janur Kuning Siswa SMP dalam Upacara Peringatan HSN 2019

LADUNI.ID, Sumenep – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di sejumlah sekolah di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dilakukan dengan berbagai macam cara, ada yang menggelar Duta Santri, hingga ada yang menggunakan kalung janur kuning ketika upacara di sekolah. 

Misalnya, Peringatan HSN 2019 yang berlangsung di SMP Islam Al -Atrawiyah, Desa Rombiya Timur Kecamatan Ganding. Mereka melakukan upacara dengan memakai sarung dan peci lengkap. Rasa santri sangat terasa dalam kegiatan itu. Menariknga, mereka memakai kalung dengan Janur Kuning.

Menurut Kepala SMP Islam Al-Atrawiyah Isma’il, M.Pd.I mengatakan, penggunaan janur kuning sebagai tanda dan wujud simbolis untuk mengenang pejuang Indonesia. Sangat pejuang yang syahid kemerdekaan.

“Berkalung janur kuning untuk mengingat para pejuang terdahulu. Janur kuning, diharapkan para siswa lebih meresapi perjuangan pahlawan kemerdekaan,” terangnya.

Bukan hanya siswa dan siswi, semua guru juga menggunakan kalung janur kuning saat mengikuti upacara. “Semua peserta upacara yang hadir dikalungkan janur kuning. Supaya lebih mengenang dan meresapi secara simbolis perjuangan pahlawan Indonesia,” jelasnya. (*)