Tokoh Katolik : Hubungan Kristen dan Islam Semakin Membaik

Tokoh Katolik : Hubungan Kristen dan Islam Semakin Membaik

LADUNI.ID | JAKARTA – Tokoh Katolik sekaligus budayawan, Prof Franz Magnis Suzeno, dalam acara bedah buku di Gedung Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/10),  mengatakan  hubungan Kristen dan Islam belum pernah sebaik sekarang. 

Hubungan kedua agama Samawi ini, menurut tokoh yang akrab disapa Romo Magnis ini diceritakan dengan baik dalam buku berjudul "Dunia Barat dan Islam: Cahaya di Cakrawala yang ditulis Sudibyo Markus ".  

"Saya rasa ini suatu kesempatan yang bagus. Buku Pak Dibyo memang bagus menceritakan hubungan kompleks antara Islam dan Kristianitas yang bagi saya mencolok," ujar Romo Magnis saat menjadi pembicara dalam acara bedah buku di Gedung Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/10).  

Menurut dia, jika merujuk ke situasi Internasional sekarang yang kurang baik  buku ini "Dunia Barat dan Islam: Cahaya di Cakrawala" sangat bagus untuk ditelaah dan sampaikan ke publik.

"Saya kira amat penting mengingat situasi internasional tidak begitu baik adalah bahwa hubungan antara Islam dan kristianitas merupakan suatu pendekatan terus menerus, hubungan yang barangkali belum pernah sebaik sekarang," ucap Romo Magnis.  

Buku setebal 497 halaman ini merangkum dan menghubungkan empat rangkaian tonggak sejarah penting yang mengantar manusia, khusunya umat beragam kepada perdamaian.  

"Intinya umat beragama harus sanggup menjadikan diri mereka sebagai instrumen bagi perdamaian," kata Sudibyo.  

Selain menghadirkan Romo Magnis, acara bedah buku tersebut juga menghadirkan Guru Besar Uiniversitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Azyumardi Azra. Kedua tokoh agama itu memberikan apresiasi terhadap buku yang ditulis oleh Sudibyo Markus. 

SUMBER; Republika